Tips Membesarkan Anak dengan Kebutuhan Khusus

Tips Membesarkan Anak dengan Kebutuhan Khusus

Seorang anak merupakan anugerah Tuhan yang dititipkan bagi kedua orangtua untuk diasuh, dirawat dan dibesarkan dengan penuh kasih sayang, seperti apapun keadaannya. Namun, seringkali kita mendapati buah hati yang berbeda karena keunikan yang Tuhan beri, sehingga memiliki kebutuhan khusus.

ABK.jpg

Anak yang lahir dengan kebutuhan khusus memang memerlukan penanganan yang khusus dan perhatian yang khusus pula. Orangtua yang bijak akan menjelaskan kepada anak-anak yang lain bila mereka memiliki anak yang memiliki kebutuhan khusus. Secara prinsip semua anak harus diperlakukan sama, tetapi anak dengan kebutuhan khusus harus mendapat perhatian khusus, namun bukan dalam arti pilih kasih. Beikut beberapa tips membesarkan anak dengan kebutuhan khusus.

  1. Tunjukkan rasa kasih sayang

Jika anak berkebutuhan khusus sudah mendengar atau menerima sentuhan orang tuanya sejak usia dini maka anak tersebut akan memiliki rasa percaya diri yang penuh pada saat ia beranjak remaja, sehingga anak tersebut menjadi mudah bergaul dan dapat menerima kekurangan dirinya serta kekurangan orang lain.

  1. Gali potensi yang dimiliki

Cobalah untuk selalu memperhatikan apa yang dilakukan anak dan minatnya pada sesuatu sebab hal ini dapat menjadi petunjuk penting bagi orangtua untuk mengetahui potensi pada anak sehingga lebih mudah tergali.

  1. Beri kesempatan anak melakukan kegiatan bermanfaat

Banyak sekali kegiatan bermanfaat yang dapat dilakukan anak-anak berkebutuhan khusus, misalnya berkebun, melukis, olahraga dan lainnya. Aktivitas yang bermanfaat dan menyenangkan anak yang berkebutuhan khusus akan membuatnya belajar menghargai diri sendiri.

  1. Jangan pernah membedakan anak berkebutuhan khusus dengan saudaranya

Perlakukan setiap anak dengan adil tanpa membedakan satu dengan lainnya, meskipun kita memiliki anak berkebutuhan khusus dan tidak. Berikan perhatian anak berkebutuhan khusus yang sama dengan anak lainnya sehingga hal ini tidak merusak harga diri anak berkebutuhan khsusus.

 

Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu. (Yesaya 43:4)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

you're currently offline