Cara Memiliki Visi yang Tinggi Dari Visi Manusia Biasa

Cara Memiliki Visi yang Tinggi Dari Visi Manusia Biasa

Kita membutuhkan cara pandang yang berbeda untuk dapat mengatasi masalah hidup yang tinggi. Sudut pandang yang berbeda dapat kita dapatkan dengan memiliki visi yang tinggi, yakni visi Ilahi yang berasal dari Tuhan. Kisah kedua belas pengintai yang diutus Musa untuk menyelidiki tanah Kanaan dapat menjadi acuan bagi kita.

Tetapi Yosua bin Nun dan Kaleb bin Yefune, yang termasuk orang-orang yang telah mengintai negeri itu, mengoyakkan pakaiannya, dan berkata kepada segenap umat Israel: “Negeri yang kami lalui untuk diintai itu adalah luar biasa baiknya. Jika TUHAN berkenan kepada kita, maka Ia akan membawa kita masuk ke negeri itu dan akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya. Hanya, janganlah memberontak kepada TUHAN, dan janganlah takut kepada bangsa negeri  itu, sebab mereka akan kita telan habis. Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka, sedang TUHAN menyertai kita; janganlah takut kepada mereka. (Bilangan 14:6-9)

Yosua dan Kaleb sebagai bagian dari 12 pengintai tersebut memiliki visi Ilahi yang tinggi sehingga memiliki cara pandang yang berbeda dari para pengintai lainnya, sehingga kelak Yosua dan Kaleb dapat memasuki tanah Kanaan.

Visi yang tinggi dari Tuhan akan membuat kita memiliki kehidupan yang berbeda dari manusia biasa pada umumnya, sebab kita telah dapat melihat dengan mata iman dan berpengharapan pada Tuhan. pada saat Yosua dan Kaleb menguatkan hati bangsa Israel, mereka tentu belum mendapatkan apapun, namun mereka memiliki visi yang tinggi.

Visi Ilahi inilah yang juga harus kita miliki dalam menjalani kehidupan ini agar kita dapat melihat “tanah Kanaan” yang Tuhan janjikan dalam hidup kita. Visi yang tinggi ini dapat kita peroleh dengan memiliki hubungan dengan Tuhan.

Perhatikan bagaimana kalimat, “Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka, sedang TUHAN menyertai kita; janganlah takut kepada mereka.” Dalam kalimat ini kita dapat memperhatikan bahwa mata iman kita dapat melihat sesuatu yang tinggi karena kita memiliki hubungan yang dibangun bersama dengan Tuhan.

Mari belajar untuk memiliki Visi yang tinggi yang akan membuat kita dapat melihat yang tak dapat dilihat orang lain karena Tuhan yang membuat kita dapat melihat jauh ke depan, sesuai dengan kacamata iman untuk mengalahkan “raksasa-raksasa” di depan hidup kita.

Tags: , , , , , , , ,

you're currently offline