Untukmu yang Suka Menunda-Nunda, Pahami Kebenaran Firman Ini

Untukmu yang Suka Menunda-Nunda, Pahami Kebenaran Firman Ini

Kadangkala kita meremehkan kebiasaan menunda suatu pekerjaan, karena malas mengerjakan atau karena lebih ingin melakukan sesuatu yang lebih menyenangkan. Padahal, menunda pekerjaan dapat menimbulkan kerugian dalam banyak hal.

Jika saat ini kita masih memiliki kebiasaan menunda sesuatu yang seharusnya kita lakukan, mari belajar dari kebenaran Firman Tuhan, agar tidak menyia-nyiakan waktu dan kesempatan yang Tuhan berikan. Pada waktu Musa memperlama waktunya dengan Tuhan di gunung Sinai, umat Israel akhirnya membuat lembu emas untuk disembah.

Ketika bangsa itu melihat, bahwa Musa mengundur-undurkan turun dari gunung itu, maka berkumpullah mereka mengerumuni Harun dan berkata kepadanya: “Mari, buatlah untuk kami allah, yang akan berjalan di depan kami sebab Musa ini, orang yang telah memimpin kami keluar dari tanah Mesir–kami tidak tahu apa yang telah terjadi dengan dia. (Keluaran 32:1)

Dalam terjemahan lain, kata mengundur-undur juga disebut dengan menunda atau memperlama waktu. Akibat dari penundaan ini, bangsa Israel mendapat murka Tuhan, sehingga Musa harus bersyafaat kepada Tuhan agar bangsa Israel diselamatkan.

Menunda bukanlah suatu kebiasaan remeh, namun kebiasaan buruk yang harus kita ubah karena dapat menyebabkan kerugian besar. Kita pun sering menunda sesuatu bukan? Misalnya seharusnya membaca Alkitab jam 8 malam. Namun karena suka menunda akhirnya tidak membaca Alkitab sehingga tidak mendapat makanan rohani dna berdampak buruk dalam kerohanian kita.

Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga, karena tak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat dalam dunia orang mati, ke mana engkau akan pergi. (Pengkhotbah 9:10)

Mungkin ada hal-hal lain yang sering kita tunda pula, seperti mengunjungi seseorang, melayani Tuhan, memberi orang susah, dan sebagainya. Jika kita tak ingin menyesal di kemudian hari karena telah menunda sesuatu, mulailah melakukan hal-hal yang pernah kita tunda, sebab waktu tak dapat menunggu.

Dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.  (Efesus 5:16)

Tags: , , , , , , , , , , , ,

you're currently offline