Begini Jika Ingin Menjadi Lebih Berhikmat Seiring Pertambahan Usia

Begini Jika Ingin Menjadi Lebih Berhikmat Seiring Pertambahan Usia

Hidup penuh hikmat Tuhan merupakan impian orang Kristen, sebab ketika kita memiliki hikmat Tuhan maka kita dapat melakukan sesuatu dengan benar dan tepat sesuai dengan kehendak Tuhan. Memiliki hikmat Tuhan memang tidak mudah, namun dapat kita peroleh jika kita sungguh-sungguh memintanya kepada Tuhan untuk tujuan mulia.

Yusuf si anak Yakub merupakan salah satu tokoh iman di Alkitab yang memiliki hikmat Tuhan karena ia memiliki hati yang tulus pada Tuhan. Dalam setiap proses hidupnya, Yusuf  tak pernah merespon negatif. Setiap perkara buruk yang dialaminya, pasti akan membawanya naik level, ketika ia dijual saudara-saudaranya, dilupakan oleh juru minum, difirnah istri Potifar dan lain seterusnya.

Sampai pada puncaknya, Yusuf menjadi orang kepercayaan Firaun karena ia memiliki hikmat Tuhan dalam memutuskan suatu hal yang baik. Rahasia hikmat yang dimiliki Yusuf adalah karena ada Roh Allah di dalam dirinya. Jika kita dipenuhi Roh Kudus, maka kita pun dapat memiliki hidup penuh hikmat seperti yang dimiliki Yusuf.

Kata Firaun kepada Yusuf: “Oleh karena Allah telah memberitahukan semuanya ini kepadamu, tidaklah ada orang yang demikian berakal budi dan bijaksana seperti engkau. (Kejadian 41:39)

Roh Kudus dalam diri kita akan menuntun sehingga kita dapat membuat keputusan hidup yang benar dan tepat, bahkan sampai orang yang tak mengenal Tuhan pun tak dapat menyangkalinya, seperti yang dikatakan Firaun. Orang yang mengandalkan Tuhan dan Roh Kudus aktif di dalam dirinya, maka hidupnya akan dipenuhi ide-ide cemerlang, karena Tuhan adalah Penasehat Ajaib.

Karena Tuhanlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian. (Amsal 2:6)

Kekudusan hidup yang dipegang teguh oleh Yusuf membuat hati Tuhan berkenan, sehingga Roh Allah senantiasa menuntun langkah hidupnya, begitu pun yang terjadi dalam hidup kit ajika kita selalu menjaga kekudusan hidup kita. Kita dapat memenangkan orang-orang yang belum percaya karena mereka akan menilai dari cara hidup kita dan keputusan yang kita pilih.

Yusuf juga memiliki integritas dan ketaatan akan perintah Tuhan sehingga ia dipenuhi hikmat Tuhan. Kehidupan maksimal karena dipenuhi hikmat Tuhan juga dapat kita peroleh dengan memintanya dari Tuhan untuk tujuan mulia. Gunakanlah iman kita agar kita dapat mengelola hidup kita dengan penuh hikmat seiring dengan pertambahan usia kita.

Tags: , , , , , , , , ,

you're currently offline