Semakin Segar di Masa Sulit dengan Hidup Ala Tokoh Alkitab Ini

Semakin Segar di Masa Sulit dengan Hidup Ala Tokoh Alkitab Ini

Berapapun usia kita saat ini, mari menjadi orang Kristen yang semakin segar dengan semakin bertambahnya usia kita. Kesegaran hidup yang sejati hanya didapat dari Kebenaran Firman Tuhan.

Kaleb, salah satu pengintai tanah Kanaan yang diutus Musa menjadi pahlawan gagah perkasa yang semakin tua semakin segar. Ia melakukan perintah Musa dengan setia dan penuh takut akan Tuhan.

Aku berumur empat puluh tahun, ketika aku disuruh Musa, hamba TUHAN itu, dari Kadesh-Barnea untuk mengintai negeri ini; dan aku pulang membawa kabar kepadanya yang sejujur-jujurnya. (Yosua 14:7)

Usia 40 tahun Kaleb memulai perjalanan karirnya sebagai prajurit Israel. Ia penuh semangat dan keberanian dalam menjalankan tugasnya, karena itulah ketika ia melihat orang-orang Enak yang besar-besar di tanah Kanaan, ia tidak gentar dan tak membuat nyali umat Israel ciut.

Dengan iman kepada Tuhan, Kaleb menetramkan hati umat Israel karena percaya bahwa Tuhan pasti sanggup mengalahkan orang-orang besar di tanah Kanaan. Dan, iman itu berbuah nyata.

Ketika Kaleb berhasil menduduki tanah Kanaan, ia berhasrat untuk mendapat Hebron sebagai miliknya. Maka ia pun meminta restu Yosua untuk berperang menaklukan Hebron. Semangatnya tetap menyala untuk berperang, meski usianya sudah 95 tahun.

Jadi sekarang, sesungguhnya TUHAN telah memelihara hidupku, seperti yang dijanjikan-Nya. Kini sudah empat puluh lima tahun lamanya, sejak diucapkan TUHAN firman itu kepada Musa, dan selama itu orang Israel mengembara di padang gurun. Jadi sekarang, telah berumur delapan puluh lima tahun aku hari ini; (Yosua 14:10)

Kaleb tentu memberi kita pembelajaran bahwa usia tua bukan halangan untuk berjuang meraih apa yang kita inginkan, sebab dengan pertolongan Tuhan maka kita pasti mendapatkannya. Semakin tua, justru hidup kita akan semakin segar di hadapan Tuhan, karena Firman Tuhan yang menyegarkan kita.

Orang benar akan bertunas seperti pohon korma, akan tumbuh subur seperti pohon aras di Libanon; mereka yang ditanam di bait TUHAN akan bertunas di pelataran Allah kita. Pada masa tua pun mereka masih berbuah, menjadi gemuk dan segar, (Mazmur 92:12-15)

you're currently offline