Belajar Mendengar Suara Tuhan

Belajar Mendengar Suara Tuhan

Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku. (Yohanes 10:14)

Setiap orang yang mengaku domba akan dapat mengenal suara Tuhan, karena pada saat kita lahir baru, kita punya hak dan bisa mendengar suara Tuhan. Mendengar suara Tuhan adalah hal yang normal pada zaman Perjanjian Lama dan Baru, tapi pada masa kini kita kesulitan mendengar suara Tuhan.

SUARA TUHAN

Mendengar suara Tuhan menjadi hal yang tidak mungkin, sehingga pada saat Allah berbicara, kita berpikir bukan suara Tuhan. Ada orang-orang yang mencoba mengimitasi gaya atau pengalaman orang lain karena imijinasinya, dan hal ini membuat orang-orang tidak bisa maju dan frustasi.

Ada tipe orang yang tidak percaya suara Tuhan sehingga akan mencari metode untuk mendengar suara Tuhan seperti mengerjakan soal matematika, dan hal ini seringkali menimbulkan tekanan. Lalu ada juga tipe orang yang mengimitasi pengalaman orang lain yang suka berkata, “Tuhan berbicara kepada saya…”

Cara untuk belajar mendengar suara Tuhan adalah kita harus mau mengembangkan pengalaman pribadi dengan Allah dengan kejujuran hati yang luas karena hal ini dapat dipelajari sebab Roh Kudus punya kepentingan dengan kita agar kita dapat memiliki hubungan yang dalam dengan Allah dan berjalan setiap saat dalam tuntunan Roh. Hal ini dapat terbukti dalam buah-buah kehidupan yang kita hasilkan.

Cara Allah berhubungan dengan seseorang seringkali berbeda dengan orang lainnya, oleh karena itu kita perlu menguji suara Tuhan. Kadangkala kita mengira suara Tuhan adalah suara setan padahal setan tidak bisa menerobos hidup kita, yang paling seringkali salah adalah suara hati kita yang sepertinya benar padahal itu suara ambisi hati kita.

Untuk itu mari belajar mendengar suara Tuhan, caranya adalah berada dalam sebuah komunitas yang bertumbuh lalu belajar meminta Tuhan berbicara dan menyampaikannya dalam komunitas kita sehingga akan ada orang-orang yang membantu menguji dengan tuntunan Roh yang disertai damai sejahtera Allah. Jika Anda belum memiliki komunitas yang membangun, Anda dapat menghubungi COOL yang ada di GBI Tampak Siring.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

you're currently offline