Mengatasi Masalah Keuangan Ala Rut dan Naomi

Mengatasi Masalah Keuangan Ala Rut dan Naomi

Rut dan Naomi mengalami krisis keuangan karena daerah yang mereka tempati mengalami bencana kelaparan. Untuk mengatasi krisis keuangan mereka, maka Naomi berinsiatif kembali ke Betlehem dengan kondisi yang memprihatinkan.

Tetapi ia berkata kepada mereka: “Janganlah sebutkan aku Naomi; sebutkanlah aku Mara, sebab Yang Mahakuasa telah melakukan banyak yang pahit kepadaku. (Rut 1:20)

Naomi tentu mengalami depresi akibat kehilangan suami dan anak-anaknya, sekaligus satu menantunya yang juga meninggalkannya. Hal ini tentu membuat kehidupan dan keuangannya sulit, sehingga ia menyebut dirinya pahit.

Dua orang yang bersedih namun tetap saling mendukung akan memunculkan kehidupan baru yang luar biasa. Mari perhatikan bagaimana tulusnya hati Rut dalam mendampingi Naomi dan kebaikan hati Naomi yang tetap menerima Rut di sisinya.

Rut melayani ibu mertuanya, sebaliknya Naomi pun memberi banyak saran dan masukan agar Rut dapat memiliki pendamping dan kehidupan yang lebih baik. Kerjasama ini tentu bukan hal yang mudah, namun dapat kita lakukan dalam keluarga kita.

Sesudah itu berkatalah Naomi kepada menantunya: “Diberkatilah kiranya orang itu oleh TUHAN yang rela mengaruniakan kasih setia-Nya kepada orang-orang yang hidup dan yang mati….(Rut 2:20)

Pemulihan keuangan keluarga dapat terjadi dalam sebuah keluarga yang rukun, saling membangun dan saling memberkati sebab berkat tidak jauh dari kehidupan orang percaya. Semua berkat-berkat sudah Tuhan sediakan, tinggal kita yang harus memercayai,  mendeklarasikannya dan mengimani.

Tetapi apakah katanya? Ini: “Firman itu dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu….(Roma 10:8)

Naomi dan Rut akhirnya memiliki kehidupan yang lebih baik dengan menikahnya Rut bersama Boas, kehidupan keuangan mereka pun dipulihkan. Kita dapat memiliki sebuah kehidupan baru, pemulihan keuangan dan pemulihan keluarga seutuhnya jika meniru teladan Rut dan Naomi.

Sebab itu perempuan-perempuan berkata kepada Naomi: “Terpujilah TUHAN, yang telah rela menolong engkau pada hari ini dengan seorang penebus. Termasyhurlah kiranya nama anak itu di Israel. (Rut 4:14)

you're currently offline