Kiat Alkitabiah untuk Memulai Bisnis Sederhana

Kiat Alkitabiah untuk Memulai Bisnis Sederhana

Banyak orang bercita-cita menjadi pebisnis, tetapi mereka tidak berani untuk memulainya, padahal bisnis yang akan terjadi adalah bisnis yang haru segera dimulai. Oleh karena itu sebelum kita memulai bisnis ada baiknya mempelajari beberapa hal berikut ini, supaya kita menyiapkan hal-hal untuk memulai bisnis yang kita inginkan dan mengetahui kunci untuk mempertahankan bisnsi tersebut. Berikut ini beberapa tips ala Alkitab yang dapat Anda pelajari untuk memulai bisnis sederhana.

Start.jpg

  1. Passion (Gairah)

Sebab segala keselamatanku dan segala kesukaanku bukankah Dia yang menumbuhkannya? (2 Samuel 23:5C)

Memulai bisnis harus berasal dari kesukaan Anda, oleh karena itu sangat penting mengetahui bakat apa yang Anda miliki? Seseorang yang memiliki kemampuan atau bakat tertentu pasti akan mengerjakan hal itu dengan sepenuh hati dan lupa waktu. Jika Anda belum tahu akan berbisnis apa, maka tekunilah bakat Anda dan temukan peluang usaha dari bakat tersebut. Karena tidak kebetulan Tuhan menanamkan kesukaan dalam diri Anda.

  1. Perencanaan

Sebab siapakah di antara kamu yang kalau mau mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu? (Lukas 14:28)

Satu hal yang memisahkan antara sukses dan gagal dalam sebuah usaha adalah perencanaan. Bayangkanlah bahwa bisnis Anda adalah sebuah usaha mendirikan Menara, maka memerlukan langkah untuk menyusun proses pengerjaannya. Survey mengatakan jika pebisnis tidak memiliki perencanaan yang baik maka 75% usaha yang dibangunnya akan mengalami kebangkrutan di lima tahun pertama bisnis tersebut.

  1. Sumber daya manusia

Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus. (Galatia 6:2)

John Maxwell mengatakan bahwa kesuksesan atau kegagalan seseorang tergantung kepada orang-orang terdekat yang ia miliki. Carilah mereka yang sudah terlebih dulu sukses dalam bidang usaha yang ingin Anda lakukan, atau mereka yang memiliki nilai dasar-dasar yang sama. Pergunakan waktu untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dan ajaklah orang yang Anda percaya untuk berkonsultasi.

  1. Ketahanan

Manusiapun keluarlah ke pekerjaannya, dan ke usahanya sampai petang. (Mazmur 104:23)

Faktor tahan uji adalah hal yang sangat penting dalam bisnis. Menjadi pebisnis yang sukses memerlukan disiplin, kerja keras dan persiapan. Mentalitas tangguh sangat dibutuhkan agar dapat bertahan ketika hambatan datang, sehingga bisnis menjadi berkembang.

  1. Doa

Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya , maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. (Matius 6:33)

Carilah kehendak Tuhan dalam semua yang Anda lakukan. Mintalah hikmat, rekans ekerja yang tepat serta sumber daya yang benar. Tanyalah pada Tuhan apakah bisnis yang akan Anda lakukan adalah bisnis yang terbaik dan cocok bagi Anda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

you're currently offline