Kendalikan Hal-hal Ini untuk Dapatkan Hidup Damai Sejahtera

Kendalikan Hal-hal Ini untuk Dapatkan Hidup Damai Sejahtera

Mengendalikan diri sendiri memang tidak mudah, oleh karena itu dibutuhkan praktek yang berulang-ulang setiap hari supaya kita menang dan dapat mengendalikan diri.

Jika ingin mengendalikan diri, kita harus mengingat satu hal bahwa dengan kekuatan kita sendiri, maka kita tak akan bisa melakukannya. Jadi, diperlukan kekuatan Roh Kudus untuk membantu kita lalu berbuahlah dengan lebat.

Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya. (Amsal 25:28)

Orang yang tidak memiliki penguasaan diri akan rentan dengan segala sesuatu yang akan menekan dirinya, orang itu tidak akan sanggup bertahan apabila menghadapi tantangan atau halangan dalam hidupnya.

Ada tiga aspek penting yang harus kita kuasai agar memiliki hidup yang penuh damai sejahtera. Yang pertama adalah menguasai lidah, karena lidah memiliki peran yang sangat besar dalam hidup kita.

“Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu. (1 Petrus 3:10)

Walau sulit menaklukan lidah, bukan berarti tidak bisa ditaklukan. Pergunakan Firman Tuhan yang lebih berkuasa dari pedang. Hal selanjutnya adalah menguasai tubuh.

Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? (1 Korintus 3:16)

Kita harus menguasai tubuh agar hidup seimbang dengan memiliki kebiasaan hidup sehat dan bijaksana. Hal selanjutnya yang harus dikendalikan adalah waktu, uang dan energi kita. Jangan gunakan semua yang Tuhan percayakan untuk hal tak berguna, sebab kelak akan ada perhitungannya.

Demikianlah setiap orang di antara kita akan memberi pertanggungan jawab tentang dirinya sendiri kepada Allah. (Roma 14:12)

you're currently offline