Pentingnya Mengajari Anak Berdoa Sejak Dini

Pentingnya Mengajari Anak Berdoa Sejak Dini

Tidak ada seorangpun yang ingin melakukan sesuatu hanya karena diperintah, tanpa mengetahui alasannya. Allah, memang menuntut ketaatan kita untuk percaya dan berserah, tetapi kita pun bukan sebuah robot yang diprogram untuk melakukan sesuatu yang Tuhan inginkan, tanpa kita menyadari betapa pentingnya hal itu. Allah tidak menginginkan kita memiliki mentalitas seperti anak burung unta yang kepalanya dapat dibenamkan ke dalam pasir, sehingga buta terhadap kebenaran.

_all-family.jpg

Seperti itulah cara Allah mendidik kita, demikianlah kita seharusnya mendidik anak-anak kita. Jangan biarkan anak-anak melakukan kegiatan rohani hanya karena kita sebagai orangtua yang memerintahkannya. Begitu pun dalam hal berdoa, jangan biarkan anak-anak berdoa hanya karena hal itu merupakan kebiasaan-kebiasaan atau rutinitas orang Kristen saja, tanpa mengerti maksud dan maknanya. Oleh karena itu mari ajarkan anak-anak berdoa sejak masih usia dini dengan konsep atau pemahaman yang benar.

  1. Mengucap syukur karena telah diciptakan

Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia  menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa s  atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara  dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” Maka Allah menciptakan manusia  itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. (Kejadian 27-28)

Ketika kita memberitahukan ayat penciptaan ini kepada anak-anak, maka mereka akan senantiasa mengingat bahwa Allah adalah pencipta kehidupan manusia sehingga kita patut bersyukur karena sudah dihadirkan di dunia ini, dan ucapan syukur itu dapat diungkapkan melalui doa yang tulus kepada Tuhan.

  1. Mengikuti yang Tuhan Yesus lakukan di bumi

Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana. (Markus 1:35)

Mari ajarkan kepada anak-anak bahwa Tuhan Yesus adalah 100% Tuhan yang menjelma ke dunia, tujuan-Nya ke dunia bukan hanya untuk menyelamatkan kita, tetapi juga memberikan sebuah contoh kehidupan yang harus kita jalani dan tiru. Oleh karena itu, selama kita hidup di dunia maka kita harus meniru gaya hidup Tuhan Yesus, salah satunya adalah berdoa pada pagi hari.

  1. Meminta yang kita butuhkan

Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya.” (Matius 21:22)

Anak-anak tentu memiliki banyak kebutuhan dan keinginan, oleh karena itu mari ajarkan anak-anak agar meminta segala yang mereka inginkan kepada Tuhan Yesus, dengan penuh iman percaya maka mereka akan menerimanya.

  1. Meminta mujizat Tuhan yang ajaib

Elia adalah manusia biasa sama seperti kita, dan ia telah bersungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujanpun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan. (Yakobus 5:17)

Anak-anak perlu diajari untuk meminta perkara-perkara ajaib atau mujizat Tuhan agar mereka dapat menyadari bahwa mereka memiliki Tuhan yang hebat dan berkuasa.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

you're currently offline