Sukar Memahami Firman Tuhan? Belajar dari Petrus

Sukar Memahami Firman Tuhan? Belajar dari Petrus

Kunci mengalami pertumbuhan rohani adalah dengan membaca Alkitab setiap hari, tetapi fakta mengungkapkan bahws meskipun kita sering membaca Alkitab setiap kadangkala sukar mengerti makna Firman Tuhan.

Rasul Petrus memuji hikmat yang dimiliki oleh rasul Paulus dalam menyingkapkan rahasia-rahasia Ilahi sehingga membuat banyak orang kagum dan mengerti Firman Tuhan.

Hal itu dibuatnya dalam semua suratnya, apabila ia berbicara tentang perkara-perkara ini. Dalam surat-suratnya itu ada hal-hal yang sukar difahami….(2 Petrus 3:15)

Hikmat luhur yang ada dalam diri rasul Paulus yang dikatakan “dikaruniakan kepadanya” bukan didapat karena usahanya sendiri, melainkan dari hasil hubungan dan pengenalannya akan Tuhan.

Tanpa mengerti dan memahami Firman Tuhan, maka kita akan sulit mengerti kehendak dan jalan-jalan Tuhan. Jadi, semakin bertekun dalam Firman memang penting.

Firman Tuhan memang sulit dimengerti karena penuh rahasia luhur dan agung sementara akal budi kita penuh kelemahan dan terbatas, sehingga sulit mencerna Firman.

Setelah Petrus menyangkali Yesus, imannya kembali muncul sehingga ia dapat berkhotbah di depan ribuan orang, menyembuhkan orang dan berbicara dengan penuh hikmat sampai membuat orang kagum. Kuncinya adalah selalu rindu mengenal Tuhan.

Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan, (1 Petrus 2:2)

Yesus memanggil kita menjadi imamat yang rajani agar mengerti kehendak-Nya dan menyelesaikan semua tugas kita sampai kita dapat mengakhiri dengan baik seperti kata rasul Paulus, “I am finishing well”.

you're currently offline