Lima Karakter Pemimpin Besar

Lima Karakter Pemimpin Besar

Penulis buku motivasi dan pembicara terkenal, John Maxwell mengungkapkan bahwa dalam setiap kepemimpinan yang besar harus dibangun di atas hubungan pribadi yang akrab, dengan itu peluang terbaik kita dalam memimpin juga bergantung pada kemampuan Anda dalam menjalin hubungan dengan anggota-anggota tim kerja. Inilah cara kita mengenali bahwa kita telah membangun hubungan-hubungan yang mantap dengan sesama atau tim kerja kita, seperti karakter yang ada di bawah ini:

BESAR

1. Penghormatan

Dalam hubungan, segalanya dimulai dari penghormatan, yaitu hasrat untuk menghargai sesama. Bila kita memperlakukan setiap orang yang kita jumpai adalah orang terpenting di dunia, maka kita sedang mengkomunikasikan bahwa ia bukan sembarang orang bagi kita

2. Mengembangkan pengalaman bersama

Mengerjakan segala sesuatu bersama-sama dengan orang lain cenderung mendatangkan kepuasan. Bila kita memahami hal ini dan bersedia memberi serta menolong kepada orang lain sambil memelihara motif-motif benar, maka kita bersama bisa berubah.

3. Kepercayaan

Kita harus lebih dulu mempercayai mereka, sebelum mereka sukses dan terkadang sebelum kita dapat meyakinkan mereka untuk percaya terhadap diri mereka sendiri.

4. Timbal balik

Hubungan-hubungan pribadi yang sepihak tidak akan langgeng, kalau yang satu selalu menjadi pemberi sementara yang lain penerima, ujungnya hubungan akan terputus. Agar hubungan membaik, harus ada saling memberi dan menerima sehingga semua orang diuntungkan sekaligus memberi keuntungan.

5. Menumbuhkan kenikmatan bersama

Ketika hubungan mulai bertumbuh dan mulai menjadi mantap, orang-orang yang terlibat akan mulai menikmati satu sama lain. Sekadar kebersamaan saja sudah bisa mengubah tugas-tugas yang tidak menyenangkan sehingga menjadi pengalaman-pengalaman yang positif. Menjadi orang yang sangat mampu menjalin hubungan akan membawa sukses individual maupun tim.

Berikut ini sebuah cara singkat dalam hubungan antar manusia adalah dengan memperhatikan beberapa hal penting berikut ini:

  • Kata yang paling tidak penting: Aku
  • Kata yang paling penting: Kita
  • Dua kata terpenting: Terima kasih
  • Tiga kata terpenting: Segalanya telah dimaafkan
  • Empat kata terpenting: Bagaimana dengan pendapat Anda?
  • Lima kata terpenting: Baik sekali hasil kerja Anda
  • Enam kata terpenting: Saya ingin memahami Anda lebih baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

you're currently offline