Jangan Malu Meminta Maaf Lebih Dulu, Dapatkan Kehormatan Ini

Jangan Malu Meminta Maaf Lebih Dulu, Dapatkan Kehormatan Ini

Meminta maaf merupakan hal tersulit dalam hidup ini, entah kita melakukan kesalahan atau tidak. Banyak orang Kristen enggan meminta maaf karena berpikir bahwa meminta maaf akan menurunkan harga diri mereka.

Padahal, yang sesungguhnya terjadi dengan meminta maaf bukan menurunkan harga diri, namun memuliakan diri sendiri sebab hanya orang yang berjiwa besar akan berani meminta maaf.

Yesus mengajarkan kita memberesi dosa-dosa kita dengan terlebih dahulu meminta maaf kepada orang yang berselisih paham dengan kita.

Tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu. (Matius 5:24)

Meminta maaf akan membuat kita terhindar dari intimidasi Iblis yang suka mendakwa kita akan perasaan dosa dan rasa bersalah. Dengan meminta maaf, kita akan memiliki kelegaan hati dan bebas dari belenggu dosa.

Alkitab juga mengajarkan kita untuk saling mendahului dalam memberi hormat, ini berarti bahwa siapapun orang yang berselisih paham dengan kita, maka kita wajib lebih dulu meminta maaf sebagai ungkapan rasa hormat kita kepada Tuhan.

Memang dibutuhkan kerendahan hati yang besar untuk melakukan perintah Tuhan ini, sebab hanya orang yang rendah hati dapat memikul segala proses hidupnya.

Meminta maaf bukan saja bermanfaat bagi jiwa dan tubuh kita, namun juga bagi kehidupan kita secara seluruhnya karena Tuhan akan menghormati kita sebagai hamba yang berkenan kepada-Nya.

…….. Sebab siapa yang menghormati Aku, akan Kuhormati, tetapi siapa yang menghina Aku, akan dipandang rendah. (1 Samuel 2:30)

you're currently offline