Hati-hati Iman Kita Rusak Karena Hal Sepele Ini

Hati-hati Iman Kita Rusak Karena Hal Sepele Ini

Kita hidup di tengah bangsa yang plural, karena terdiri dari banyak suku, agama, budaya dan golongan. Keanekaragaman ini memang harus disyukuri, tetapi juga harus diwaspadai agar tak merusak iman kita.

Misalnya saja dalam hidup sehari-hari kita sering mendengar mitos-mitos tidak berguna dari orangtua, tetangga, kerabat atau teman dekat yang menyarankan hal-hal mistis, menakutkan bahkan tidak berguna.

Contohnya seperti tidak boleh menjemur di malam hari bisa mengakibatkan flu, tidak boleh duduk di depan pintu bisa berat jodoh, wanita hamil tidak boleh memotong hewan sebab anaknya bisa mirip hewan dan berbagai kepercayaan lainnya.

Rasul Paulus mengajarkan Timotius yang masih muda agar tak mendengarkan mitos-mitos kepercayaan masa lalu yang ditanam oleh orang tua pada masa itu agar iman Timotius dapat terus bertumbuh dalam pengenalan akan Tuhan.

Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah. (1 Timotius 4:7)

Iblis kerap memakai berbagai cara untuk membohongi manusia dengan berbagai tipu daya pengajaran yang tidak berguna dan tidak membangun iman, oleh sebab itu taburi terus iman kita dengan Firman Tuhan agar tidak tersesat mengikuti cerita-cerita tahayul dan mitos-mitos nenek moyang.

Berhati-hatilah dengan pikiran-pikiran tradisi ini karena dapat menjadi penghalang utama iman dan berpotensi merusak iman percaya kita. Bentengi iman kita dengan cara tidak memercayai hal-hal perusak iman agar iman kita teus bertumbuh.

Tuhan memberi kita iman untuk mengubah apa yang bisa kita ubah dan memberi kasih untuk menerima hasil akhir dari iman yang kita miliki. Jadi, teruslah melatih iman kita dalam pendengaran Firman Tuhan.

Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang. (1 Timotius 4:8)

you're currently offline