Pandemi Semakin Menakutkan? Ini Rahasia Bebas dari Rasa Takut

Pandemi Semakin Menakutkan? Ini Rahasia Bebas dari Rasa Takut

Semakin hari kehidupan ini memang semakin menakutkan, ya. Kita pasti merasakan bahwa dunia ini tidak semakin baik, tapi semakin hancur. Orang semakin jahat, keuangan semakin sulit, kesehatan menjadi barang mahal dan kasih terhadap sesama pun semakin pudar.

Jika sudah begini, lalu apa yang akan kita harapkan dari dunia ini? Tidak ada, bukan. Jika kita melihat sekeliling hidup kita, pasti semua wajah manusia akan dihantui rasa takut, takut akan masa depan yang tidak jelas akibat krisis ekonomi, pandemi Covid-19 dan sebagainya.

Ketakutan memang tidak bisa dihindari, sebab ketakutan dapat menghampiri siapa saja, yang bisa kita lakukan adalah dengan melawan dan menghadapinya. Dalam setiap rasa takut, Tuhan selalu hadir di hidup kita lebih nyata untuk memberi kekuatan.

Waktu aku takut, aku ini percaya kepada-Mu. (Mazmur 56:3)

Hanya dengan menghadapi ketakutan itu sendiri maka kita bisa menang atas rasa takut tersebut. Daud juga mengalami ketakutan saat ia dikejar-kejar oleh Saul padahal ia tak bersalah.

Cara pertama untuk mengatasi rasa takut adalah mengakuinya di hadapan Tuhan. Saat kita mengakui ketakutan kita dan mengatakannya pada Tuhan maka Ia sendiri yang akan menjadi sumber kekuatan kita.

Saat kita mengakui dan mengatakan ketakutan kita pada Tuhan sama saja dengan memercayai-Nya dan menyerahkan ketakutan kita kepada-Nya sehingga Ia sendiri yang langsung menolong kita, bukan orang lain, bukan terapi psikiater, bukan obat penenang dan sebagainya.

Daud menghadapi Saul setelah ia mendapat kekuatan dari Tuhan sehingga Tuhan menyerahkan Saul ke tangannya, namun Daud tidak mau membunuhnya.

Apa yang kita takutkan dalam hidup ini, ingatlah bahwa tidak ada ketakutan dan penderitaan dunia yang dapat menjauhkan kita dari kasih Tuhan. Akuilah segala ketakutan kita, katakan pada Tuhan dan terimalah kekuatan-Nya yang memberi kemenangan.

you're currently offline