Alami Kelegaan Hidup dengan Self Talk Therapy Ala Daud

Alami Kelegaan Hidup dengan Self Talk Therapy Ala Daud

Semua orang pasti pernah berbicara dengan dirinya sendiri, baik dalam hati atau secara bersuara. Mengucapkan sesuatu kepada diri sendiri disebut juga self talk, cara ini merupakan salah tips yang sering digunakan oleh para konselor atau psikiater untuk membantu seseorang mengalami pemulihan hidup.

Menurut penulis buku Unlocking Your Real Potentials, Joel Chue, self talk therapy atau terapi berbicara sendiri banyak membantu seseorang untuk membuat hidup semakin lebih baik, jika yang di perkatakan adalah hal positif.

Waktu kita memperkatakan hal yang baik pada diri sendiri, maka kita dapat fokus meraih target atau tujuan yang diinginkan, lebih baik dalam memprioritaskan tugas-tugas yang lebih penting serta dapat menenangkan diri sendiri.

Dalam kitab Mazmur, raja Daud kerap melakukan self talk kepada dirinya sendiri dan menjadi sember kekuatannya karena berfokus pada Tuhan. Self talk yang diucapkan Daud menjadi obat bagi jiwanya saat merasakan beratnya hidup.

Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku! (Mazmur 42:5)

Kembalilah tenang, hai jiwaku, sebab TUHAN telah berbuat baikkepadamu. (Mazmur 116:7)

Self talk dapat kita lakukan setiap hari bahkan setiap saat dan dapat dijadikan terapi untuk mengatasi masalah hidup, namun seperti yang dilakukan Daud, self talk yang kita lakukan harus berfokus pada Tuhan dan mengacu pada Firman Tuhan.

Jangan mengucapkan self talk dengan tujuan kita dapat melakukan segalannya karena kekuatan kita, ini merupakan ajaran sesat masa kini, dan tentu akan mendapat murka Tuhan karena sama saja dengan mengandalkan kekuatan diri sendiri.

Tetapi jika kita melakukan self talk dengan memperkatakan hal-hal positif yang berfokus pada Tuhan dan didasari oleh Firman-Nya, maka kita akan mendapatkan apa yang kita katakan, sebab mujizat dekat dengan mulut orang percaya.

you're currently offline