Ini Cara Meraih Perkenanan Tuhan

Ini Cara Meraih Perkenanan Tuhan

Orang seperti apa yang bisa dikenan Tuhan? Yakni mereka yang dapat membuat hati Tuhan terpikat. Daud merupakan tokoh Alkitab yang disukai Tuhan dan mendapat perkenanan Tuhan. Jika Anda ingin meraih perkenanan Tuhan, belajar dari karakater Daud ini.

KENAN.jpg

  1. Tidak punya mental yatim piatu

Demikianlah Isai menyuruh ketujuh anaknya lewat di depan Samuel… Lalu Samuel berkata kepada Isai: “Inikah anakmu semuanya?” Jawabnya: “Masih tinggal yang bungsu, tetapi sedang menggembalakan kambing domba. (1 Samuel 16:10-11)

Daud bisa saja menjadi anak yang kurang kasih sayang karena ayahnya tidak menganggapnya. Hal ini kita ketahui saat ia akan diurapi oleh nabi Samuel, saat ayah Daud tidak mengingat dan tidak mengajak Daud untuk bertemu nabi Samuel yang akan mengurapi anak Isai. Tapi hal ini tidak membuat Daud kepahitan dengan ayah dan kakak-kakaknya. Daud tidak mempunyai mental yatim piatu dan tidak mengasihani dirinya.

  1. Tidak lupa diri

Tetapi Daud selalu pulang dari pada Saul untuk menggembalakan domba  ayahnya di Betlehem. (1 Samuel 17:22)

Meskipun sudah tinggal di istana raja Saul, tetapi Daud tidak membutuhkan pengakuan dan penghormatan. Ketika ia mendapat promosi Tuhan, dirinya tidak “show off”. Daud masih mau menggembalakan domba, walaupun sudah menjadi orang penting. Jangan lupa diri setelah Tuhan mengangkat kita.

  1. Tidak mudah emosi

Ketika Eliab, kakaknya yang tertua, mendengar perkataan Daud kepada orang-orang itu, bangkitlah amarah  Eliab kepada Daud sambil berkata: “Mengapa engkau datang? Dan pada siapakah kautinggalkan kambing domba yang dua tiga ekor itu di padang gurun? Aku kenal sifat pemberanimu dan kejahatan hatimu: engkau datang ke mari dengan maksud melihat pertempuran.” Tetapi jawab Daud: “Apa yang telah kuperbuat? Hanya bertanya saja!” Lalu berpalinglah ia dari padanya kepada orang lain dan menanyakan yang sama. Dan rakyat memberi jawab kepadanya seperti tadi. (1 Samuel 17:28-29)

Daud langsung dihakimi kakaknya padahal ia hanya bertanya, namun Daud tidak emosi dan tidak mudah terpancing. Kondisi yang tidak menyenangkan dalam hidup ini adalah ketika kita disalahpahami dan langsung diberi penghakiman. Oleh sebab itu ketahui cara terbaik untuk membatasi emosi dengan tidak tidak menggubris kata-kata negatif atau segera berpaling.

Baca juga:

Kunci Mendapatkan Hadiah dari Tuhan Lewat Pencobaan

Apapun yang Terjadi Teruslah Berjalan karena Yesus Serta Kita

Ketika Kerohanian Mulai Stagnan, Ini yang Harus Dilakukan

Begini Seharusnya Kita Hidup di Masa Kasih Karunia

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

you're currently offline