Tips Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Tips Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Mengajari anak menabung pada usia dini bukanlah hal yang mudah. Namun, ini merupakan salah satu langkah mengajari anak mengelola uang, kebiasaan ini harus dimulai sejak dini agar kepada anak-anak agar ketika mereka dewasa dapat mengelola uang dengan baik dan memiliki gaya hidup hemat.

anak menabung

Karena mengajari anak menabung tidak mudah, karena itu orangtua harus melatih kebiasaan ini dengan penuh kesabaran dan menanamkan pola pikir ini kepada anak-anak.

  1. Beritahu mereka tentang konsep mendapatkan uang

Ajaran orang bijak adalah sumber kehidupan, sehingga orang terhindar dari jerat-jerat maut. (Amsal 13:14)

Ketika anak Anda meminta dibelikan mainan, Anda dapat menjelaskan sebelumnya ke anak dengan cara sederhana kalau mainan yang akan dibeli tersebut menggunakan uang dan untuk membelinya diperlukan usaha dengan bekerja agar bisa memperoleh uang. Konsep pengajaran ini akan membuat anak menyadari bahwa mainan tersebut dibeli dengan perjuangan orangtuanya, sehingga kelak ia dapat bijak mengelola keuangan.

celangan lucu.jpg

  1. Berikan mereka celengan yang menarik dan lucu

Dan dengan demikian mengumpulkan suatu harta sebagai dasar yang baik bagi dirinya di waktu yang akan datang untuk mencapai hidup yang sebenarnya. (1 Timotius 6:19)

Anak-anak akan tertarik menabung jika celengan yang diberikan berbentuk lucu dan menarik, jangan lupa juga menjelaskan bahwa tujuan menabung adalah untuk membeli barang yang diinginkan, untuk mengunjungi suatu tempat wisata atau untuk melakukan hal berguna lainnya. Hal ini akan membuat anak-anak tidak merasa bosan menabung.

  1. Ajarkan prinsip menabung = menyenangkan hati Tuhan

Seperti bapa sayang  kepada anak-anaknya, demikian TUHAN sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia. (Mazmur 103:13)

Salah satu cara untuk mengajarkan anak agar senantiasa gemar menabung adalah mengingatkan kepada anak bahwa menabung sama dengan menyenangkan hati Tuhan, dan jika kita menyenangkan hati Tuhan maka kita akan menjadi anak kesayangan Tuhan.

Baca juga:

Malas Bangun Pagi? Baca Ayat Alkitab Ini Dulu, Pasti Kita Akan Berusaha Bangun Pagi

Atasi Tantangan Hidup dengan Cara Alkitabiah

Kita Adalah Seperti yang Kita Nyanyikan

Kunci Memulai Sesuatu yang Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

you're currently offline