Menang Atas Rasa Kesepian

Menang Atas Rasa Kesepian

Tuhan tidak pernah menganggap remeh rasa kesepian yang menyergap hati kita, namun jangan hidup atas dasar perasaan hati yang dapat berubah-ubah.  Perasaan kesepian dapat menjadi berkat asal kita bisa mengelolanya dan bisa mengerti tujuan Tuhan ketika mengizinkan kita mengalami kesepian hati.

Rasa kesepian hati dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya karena hubungan/relasi yang buruk, mengalami penolakan, perasaan hampa  atau kosong, putus asa, tidak memiliki harapan atau hasrat yang belum terpenuhi. Rasa kesepian merupakan salah satu tanda bahwa ada satu ruang kosong di hati kita yang tidak terisi oleh Tuhan karena kita memenuhi hati dengan perkara duniawi, segala emosi atau luka hati.

Untuk mengatasi perasaan kesepian, kita harus mencari tahu mengapa kita merasa kesepian agar tidak berlarut-larut, supaya tidak jatuh ke tangan Iblis dan bisa kembali merasakan kasih Tuhan. Setelah mengetahui sumber rasa kesepian, mendekatlah pada Tuhan dan bawa semua perasaan kita pada Tuhan supaya Tuhan memulihkan.

Saat merasa kesepian, jangan mengasihani diri karena Tuhan tak pernah meninggalkan dan melupakan kita. Mari belajar menaruh pikiran dan perasaan Tuhan Yesus dalam hati kita supaya kita hidup atas dasar iman dan perkataan Firman Tuhan, bukan hidup atas dasar perasaan kita.

“Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.” – Ulangan 31:8

Tags: , , , , , , , , , ,

you're currently offline