Hal Yang Jarang Kita Sadari Ini Kerap Membuat Doa Kita Tak Terjawab

Hal Yang Jarang Kita Sadari Ini Kerap Membuat Doa Kita Tak Terjawab

Tentu kita sudah tahu bahwa dosa menjadi penghalang bagi Tuhan untuk menjawab doa kita. Namun, masih ada hal penting yang harus kita sadari jika sampai saat ini ada doa kita yang belum dijawab Tuhan.

Seandainya ada niat jahat dalam hatiku, tentulah Tuhan tidak mau mendengar. (Mazmur 66:18)

Dalam perikop ini, Daud menguraikan ucapan syukur atas penyertaan Tuhan bagi bangsa Israel, namun Daud juga menyadarkan kita bahwa ketika kita memiliki niat jahat maka Tuhan tak akan mendengar doa kita.

Mungkin kita tak pernah merencanakan mencelakai orang lan atau membunuh orang. Tetapi mungkin kita pernah memikirkan untuk mendapatkan keuntungan dari orang lain (bukan dalam prinsip jual beli), menyebarkan keburukan orang lain, melakukan korupsi, mengharapkan orang lain terkena sial, dan sebagainya.

Hanya hati nurani kita sendiri dan Tuhan yang dapat tahu apakah doa kita memiliki unsur niat jahat atau tidak, oleh sebab itulah Daud meminta Tuhan untuk menyelidiki hati dan batinnya supaya selalu berkenan di hadapan Tuhan.

Ujilah aku, ya TUHAN, dan cobalah aku; selidikilah batinku dan hatiku. (Mazmur 26:2)

Segala ketidakbenaran yang kita harapkan dalam doa kita dan bertentangan dengan prinsip Firman Tuhan tidak akan dikabulkan Tuhan. Doa-doa yang efektif dan dijawab Tuhan selalu lahir dari hasil hubungan dengan Tuhan, pengabdian yang tulus, menaati, mengasihi dan menyenangkan Tuhan.

you're currently offline