Tips Membangun Kebiasaan Baik Dari Paulus

Tips Membangun Kebiasaan Baik Dari Paulus

Sedang mencoba membangun kebiasaan baik?

Membangun kebiasaan baik memang tidak mudah. Oleh sebab itu simak dulu tips dari Rasul Paulus dalam  membagikan prinsip hidupnya kepada jemaat di Korintus supaya kita juga bisa serius membangun kebiasaan baik dan menjadi dampak besar dari kebiasaan tersebut.

  • Melatih diri

Tetapi aku melatih tubuhku  … (1 Korintus 9:27)

Menurut buku Psycho-cybernetics yang ditulis Ahli Bedah Kometik Maxwell Maltz, bahwa untuk membangun kebiasaan diperlukan waktu 21 hari melakukan hal yang sama berulang-ulang dan terus menerus. Jika kita ingin melatih tubuh kita untuk setia melakukan kegiatan yang ingin kita tekuni , lakukan dengan tekun selama 21 hari dan teruskanlah.

  • Kontrol diri

…. menguasai dirinya dalam segala hal… (1 Korintus 9:25)

Gangguan paling besar ketika sedang konsisten melakukan kebiasaan baik adalah rasa malas, frustasi karena belum mendapatkan perubahan atau dikritik orang lain. Oleh sebab itu, kuasai diri kita sedemikian rupa supaya gangguan yang datang menjadi pemicu untuk lebih tekun, bukan menjadi penghalang yang membuat kita berhenti membangun kebiasaan baik.

  • Punya tujuan

… untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi …. (1 Korintus 9:25)

Dari semua kebiasaan baik yang sedang kita bangun, pastikan bahwa kebiasaan tersebut mempunyai tujuan kekal walaupun kebiasaan tersebut bukan hal-hal rohani, seperti menggosok gigi sebelum tidur, sarapan sehat, berolahraga dan sebagainya. Saat semua hal yang kita lakukan bertujuan untuk kekekalan maka kita tidak akan berhenti membangun kebiasaan baik.

you're currently offline