Mengalahkan Pikiran Berlebihan (Overthinking)

Mengalahkan Pikiran Berlebihan (Overthinking)

Sah-sah saja jika kita memikirkan hidup ini sedemikian rupa karena faktanya kehidupan memang semakin berat. Faktor ini suka membuat kita cenderung berpikir berlebihan atau overthinking, sehingga menghabiskan banyak waktu karena memikirkannya terus menerus.

Pikiran merupakan medan peperangan yang akan membawa kita pada kemenangan atau kekalahan. Jika kita berpikir berlebihan mengenai suatu masalah akan membuat kita tidak bisa fokus pada kehendak Tuhan, sebab dalam setiap masalah yang Tuhan izinkan, selalu ada maksud Tuhan.

Jika overthingking dibiarkan maka kita akan sulit membuat kita sepakat dengan Tuhan karena kita sedang memanjakan perasaan ketimbang mengandalkan kuasa Tuhan. Untuk melawan overthinking kita hanya perlu memilih mau mengikuti pikiran sendiri atau mengikuti pikiran Tuhan.

Tuhan Yesus mengajarkan semua hal mengenai kehidupan ini, bagaimana kita dapat belajar dari bunga bakung yang dipelihara Allah, bagaimana kita belajar dari burung di udara yang mendapat makanan setiap hari, dan sebagainya. Semua solusi overthinking ada dalam Firman Tuhan karena itu kita hanya harus menenangkan diri supaya bisa berdoa.

Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. (Matius 11:29)

Tags: , , , , , , , ,

you're currently offline