Pahami Waktu Tuhan Untuk Hidup Berkemenangan Tahun Depan  

Pahami Waktu Tuhan Untuk Hidup Berkemenangan Tahun Depan  

Ada dua tipe waktu dalam terminologi Yunani, yakni kronos dan kairos. Kronos merupakan waktu yang terus berjalan, seperti hitungan jam, hari, bulan dan tahun. Dari kata kronos, muncul istilah kronologi atau urutan peristiwa.

Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya. (Pengkhotbah 3:1)

Sementara kairos adalah merupakan waktu Tuhan atau momentum Ilahi. Kairos sifatnya tidak dapat kita prediksi, di luar kendali kita dan tidak bisa kita ulangi. Untuk mendapatkan Kairos Tuhan dibutuhkan kesiapan dan ketaatan seperti orang lumpuh yang menanti goncangan air di kolam Betesda, sehingga harus selalu siap sedia dan hidup dalam ketepatan Tuhan.

Untuk memahami Kairos Tuhan, kita perlu mengenal dulu tujuan Tuhan atas hidup kita, panggilan-Nya serta kerinduan-Nya dalam diri kita agar kita dapat mengenali tanda-tanda momentum-Nya yang datang secara tiba-tiba, sehingga tidak menyesal di kemudian hari.

Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya,  bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir. (Pengkhotbah 3:11)

Agar kita dapat selalu hidup dalam kairos Tuhan, maka kita harus senantiasa dekat dengan Tuhan supaya mengerti kapan waktunya harus bergerak, berdiam dan sebagainya. Hanya orang yang mau dipimpin Tuhan yang dapat merasakan Kairos Tuhan.

Meski berjalan dalam Kairos Tuhan, kita tetap masih akan mengalami masalah hidup yang datang mungkin karena kesalahan kita, ujian dari Tuhan atau pekerjaan Iblis, oleh karena itu gunakan waktu kronos dengan bijak agar peka suara Tuhan, sehingga dapat mengalami hidup berkemenangan setiap hari.

Tuhan bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka. (Mazmur 25:14)

Tags: , , , , , , , , ,

you're currently offline