Bangkit Dari Keraguan

Bangkit Dari Keraguan

Jika saat ini kita mengalami banyak keraguan dalam hidup, misalnya meragukan janji Tuhan, meragukan masa depan, pasangan hidup dan hal lainnya. Mari belajar dari kisah Tomas yang bangkit dari keraguannya karena kematian Tuhan Yesus.

Tomas merupakan salah satu murid Yesus yang lari dan tidak berada di sekitar Yesus ketika Yesus disiksa sampai disalibkan. Tomas kecewa karena mungkin ia berpikir bahwa Yesus Sang Mesias dapat melepaskan diri dan siksa dan salib, namun Yesus malah menjalaninya. Tomas lari dan tidak hadir dalam perkumpulan para murid Yesus.

Tetapi Tomas, seorang dari kedua belas murid itu, yang disebut Didimus, tidak ada bersama-sama mereka ketika Yesus datang ke situ. (Yohanes 20:24)

Dalam penampakan diri Yesus kepada para murid-Nya, Tomas tidak ada bersama mereka, sehingga Tomas tidak tahu bahwa Yesus sudah bangkit dan menampakkan diri kepada para murid-murid-Nya. Tetapi para murid memberitahu Tomas bahwa Yesus bangkit dan mendatangi mereka, sehingga Tomas mendatangi perkumpulan mereka.

Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan berdiri….Kemudian Ia berkata kepada Tomas: “Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi…(Yohanes 20:26)

Tomas mengambil keputusan untuk kembali berkumpul dengan sesama murid Yesus sehingga ia dapamenjadi percaya karena telah melihat bukti kebangkitan Yesus, sehingga ia tidak ragu lagi mengikut Yesus. Jika keraguan akan banyak hal menyergap hati kita, kita hanya perlu mengikuti jejak Tomas, yaitu tetap ada dalam komunitas sesama orang percaya, mencari Yesus dan mengingat kembali karya penebusan-Nya yang besar sehingga kita dapat mematahkan keraguan dan meraih kemenangan hidup.

Tags: , , , ,

you're currently offline