Pergumulan Terasa Lama Dan Berputar-putar ? Ini Maksud Tuhan!

Pergumulan Terasa Lama Dan Berputar-putar ? Ini Maksud Tuhan!

Pernah merasakan kehidupan yang penuh pergumulan atau tak kunjung selesai sehingga kita selalu merasakan pergumulan yang itu-itu saja dan seperti berputar-putar?

Bangsa Israel harus mengalami jalan yang panjang dan lama untuk mencapai tanah Kanaan yang berlimpah susu dan madunya dengan menempuh waktu sekitar 40 tahun, padahal sebenarnya tidak memerlukan waktu selama itu.

Setelah Firaun membiarkan bangsa itu pergi, Allah tidak menuntun mereka melalui jalan ke negeri orang Filistin, walaupun jalan ini yang paling dekat; sebab firman Allah: “Jangan-jangan bangsa itu menyesal, apabila mereka menghadapi peperangan, sehingga mereka kembali ke Mesir. (Keluaran 13:17)

Menurut Matthew Henry, pendeta abad ke-17, penulis Exposition of the Old and New Testaments, menjelaskan bahwa ada dua jalan dari Mesir ke Kanaan, yang satu adalah jalan pintas dari bagian utara Mesir ke bagian selatan Kanaan, sehingga cukup menempuh sekitar 3 sampai 5 hari. Sementara jalan satu lagi adalah jalan yang paling jauh dan berputar-putar melewati padang gurun dan itulah jalan yang dipilih Tuhan.

Tujuan Tuhan membawa umat-Nya mengalami jalan panjang dan waktu lama dalam melewati pergumulan hidup supaya memiliki pengalaman berjalan bersama Tuhan, seperti bangsa Israel bisa berjalan di tengah laut yang kering, mengalami mujizat dalam kehausan dan kelaparan di padang gurun, mengalami pemeliharaan Tuhan dalam sandang pangan papan dan berbagai pengalaman lainnya agar dewasa dalam Tuhan.

Jika Tuhan mengizinkan waktu yang cukup lama dan kita seperti berputar-putar dalam pergumulan kita, karena Ia punya tujuan besar dan mulia bagi kita. Tuhan ingin kita mengenal diri-Nya agar kita dewasa rohani dan tidak lupa diri dalam kelimpahan yang Ia siapkan.

you're currently offline