3 Versi Tuntunan Tuhan

3 Versi Tuntunan Tuhan

Dari Mazmur 23 kita dapat mengetahui bagaimana cara Tuhan sebagai Gembala yang baik dalam menuntun kita sebagai domba-domba-Nya. Tuntunan Tuhan ini dapat kita jadikan sebagai pedoman hidup kita untuk mengetahui dimana posisi kerohanian kita saat ini.

  • Versi jalan yang benar

Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya. (Mazmur 23:3)

Jalan yang benar akan ditunjukkan gembala bagi domba-domba agar tidak terperosok ke dalam jurang, sebab faktanya bahwa domba sangat rentan terperosok. Jika domba-domba tetap berada dekat gembala maka domba akan selalu berada di jalan yang benar.

  • Versi jalan kekelaman

Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; …. (Mazmur 23:4)

Mengapa domba harus melewati lembah kekelaman? Karena tidak mendengarkan gembala atau tidak taat. Inilah mengapa gembala sepertinya sengaja membiarkan domba merasakan kesulitan atau ketakutan, tetapi pada akhirnya gembala pasti akan kembali menuntun domba.

  • Versi gada atau tongkat

… gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku. (Mazmur 23:4)

Biasanya hati domba akan merasa resah atau risau dalam keadaan tertentu dan jika jauh dari gembala, itulah sebabnya gembala di Timur Tengah kerap menggunakan tongkat untuk diketuk-ketuk ke tanah agar domba tahu dimana posisi gembala. Keresahan domba yang takut jauh dari gembala akan reda jika mendengar suara  tongkat gembala. Tongkat digunakan gembala untuk melindungi domba dan juga sebagai pertanda kehadiran gembala yang menghibur domba-domba.

you're currently offline