Ini Yang Yesus Katakan Jika Kita Kepo Hidup Orang Lain

Ini Yang Yesus Katakan Jika Kita Kepo Hidup Orang Lain

Kadangkala kita kepo atau ingin mengetahui kehidupan orang lain, lebih dari sekadar kabar mengenai keberadaan orang lain, misalnya ingin tahu status orang lain, pasangan dan sebagainya. Michael Stocker dan Elizabeth Hegeman yang menulis buku Valuing Emotions, mengungkapkan bahwa kepo dengan kehidupan orang lain berkaitan dengan minimnya rasa empati dan apresiasi kepada orang lain.

Tuhan Yesus pernah menegur Petrus yang kepo dengan kehidupan Yohanes di masa yang akan datang, padahal sesama murid Tuhan Yesus seharusnya Petrus tahu bahwa masa depan merupakan kedaulatan Tuhan.

Ketika Petrus melihat murid itu, ia berkata kepada Yesus: “Tuhan, apakah yang akan terjadi dengan dia ini?” Jawab Yesus: “Jikalau Aku menghendaki, supaya ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu. Tetapi engkau: ikutlah Aku. (Yohanes 21:21-22)

Penekanan kalimat yang Yesus katakan kepada Petrus mengenai “ikutlah Aku” merupakan bentuk kata kiasan, dimana sebaiknya Petrus memikirkan tanggung jawabnya dalam mengiring Tuhan, bukan mengurusi hidup orang lain.

Tuhan Yesus mengingatkan kita agar tak sibuk mencari tahu mengenai kehidupan orang lain,namun sebaiknya memikirkan bagaimana tanggung jawab kita atas pekerjaan, pelayanan dan semua yang Tuhan percayakan pada kita. Jika kita kepo dengan orang lain pun sebaiknya dengan motivasi untuk mendoakan dan memberi dukungan.

Tags: , , , ,

you're currently offline