Tuntunan Pengkhotbah Untuk Masa Depan Cerah

Tuntunan Pengkhotbah Untuk Masa Depan Cerah

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, tetapi Tuhan memberi kepastian masa depan yang cerah. Namun, bukan berarti kita hanya menanti janji Tuhan tanpa melakukan usaha. Masa depan milik orang-orang yang berjuang dengan hikmat Tuhan.

  • Jangan menunggu

Siapa senantiasa memperhatikan angin tidak akan menabur; dan siapa senantiasa melihat awan tidak akan menuai. (Pengkhotbah 11:4)

Jangan over analisa, karena waktu terus berjalan. Kita hanya bisa berencana sebaik mungkin tapi jangan menunggu sesuatu untuk berbuat sesuatu yang baik, misalnya menabung, bekerja keras, mengembangkan diri, berinvestasi atau lainnya.

  • Beriman

… demikian juga engkau tidak mengetahui pekerjaan Allah yang melakukan segala sesuatu. (Pengkhotbah 11:5)

Lakukan saja apa yang baik dengan keyakinan hati kepada Tuhan sekalipun tampaknya tidak pasti, tetapi kita harus percaya bahwa ada upah dari Tuhan bagi orang yang telah bekerja keras, karena Tuhan dapat memberkati melalui apa saja, tunjukkan bukti pada Tuhan bahwa kita berusaha dan beriman.

  • Hidupi yang ada

Oleh sebab itu jikalau orang panjang umurnya, biarlah ia bersukacita di dalamnya, tetapi hendaklah ia ingat akan hari-hari yang gelap, karena banyak jumlahnya. Segala sesuatu yang datang adalah kesia-siaan. (Pengkhotbah 11:8)

Berbahagialah dengan apa yang kita lakukan, jangan iri dengan hal-hal menyenangkan milik orang lain, jangan kuatir akan apapun sebab masa depan kita aman di dalam Tuhan walaupun terjadi kekacauan di dunia ini.  

Tags: , , , , , , , , ,

you're currently offline