Begini Jawaban Yesus Jika Kita Bertanya “Mengapa, Tuhan?”

Begini Jawaban Yesus Jika Kita Bertanya “Mengapa, Tuhan?”

Seringkali kita tak tahu apa yang Tuhan kerjakan dalam hidup kita sehingga kita kerap bertanya pada Tuhan, “Mengapa ini terjadi?” “Mengapa harus begini dan begitu?” “Mengapa si A, B, dan sebagainya?”

Kita memang terbatas mengerti apa yang Tuhan kerjakan dalam hidup kita sehingga kita hidup dalam banyak kebingungan, namun kita pasti mengerti bahwa rancangan Tuhan pasti mendatangkan kebaikan. Murid-murid Tuhan Yesus pun mempertanyakan ketika Yesus membasuh kaki murid-murid-Nya.

Jawab Yesus kepadanya: “Apa yang Kuperbuat, engkau tidak tahu sekarang, tetapi engkau akan mengertinya kelak.” (Yohanes 13:7)

Tuhan memiliki rencana yang jauh ke depan dengan hal-hal yang mulia, jadi ketika saat ini kita tidak mengerti apa yang Tuhan kerjakan dalam diri kita dan mungkin rasanya sakit atau mengecewakan, percayalah bahwa kelak kita akan mengerti maksud dari perbuatan Tuhan atas hidup kita.

Para murid-murid Tuhan Yesus pada akhirnya mengerti mengapa Tuhan Yesus membasuh kaki mereka, yakni ketika Tuhan Yesus naik ke sorga dan para murid harus melayani tanpa Tuhan Yesus, mereka meneladani karakter Yesus dengan sikap rendah hati, penuh belas kasih, suka memberi dan sebagainya.

Begitu pun dengan hidup kita, jika saat ini kita tak mengerti apa yang Tuhan perbuat dalam hidup kita, tak perlu banyak bertanya lagi pada Tuhan, tetapi mari belajar untuk menpersiapkan diri di masa yang akan datang dengan menjadi pribadi yang lebih baik dan meneladani karakter Tuhan Yesus lebih banyak.

Setiap peristiwa yang terjadi dalam hidup kita memiliki tujuan mulia agar diri kita menjadi lebih baik ke depannya, jangan selalu tanyakan Tuhan “Mengapa” sebab Ia tahu yang terbaik bagi kita. Mari belajar meneladani Yesus dan menerima segalanya dengan iman dan pengharapan.

Tags: , , , , , , , ,

you're currently offline