Belajar Atasi Overthinking Dari Musa

Belajar Atasi Overthinking Dari Musa

Selama kita hidup pasti memikirkan banyak hal yang menjadi masalah dalam hidup kita sehingga kita kerap menjadi overthinking atau berlebihan dalam berpikir. Overthinking tidak sama dengan pemikir, karena overthinking cenderung memikirkan hal-hal sepele yang dapat merusak kesehatan.

Menurut situs Alodokter, salah satu ciri overthinking adalah terlalu memikirkan segala sesuatu secara berlebihan dan berulang. Bahkan, hal ini bisa saja membuatmu sulit konsentrasi dan sulit fokus dalam melakukan aktivitas. Salah satu tokoh Alkitab yang overthinking adalah Musa ketika memimpin bangsa Israel.

Musa selalu melayani setiap umat Israel yang ingin meminta pertolongannya, jika dilayani satu persatu maka hal itu tentu akan menyita waktu Musa sebagai pemimpin, bahkan dapat berdampak pada kesehatan Musa, oleh sebab itu Yitro, mertua Musa menegurnya.

Tetapi mertua Musa menjawabnya: “Tidak baik seperti yang kaulakukan itu. Engkau akan menjadi sangat lelah, baik engkau baik bangsa yang beserta engkau ini; sebab pekerjaan ini terlalu berat bagimu, takkan sanggup engkau melakukannya seorang diri saja. Di samping itu kaucarilah dari seluruh bangsa itu orang-orang yang cakap dan takut akan Allah, orang-orang yang dapat dipercaya, dan yang benci kepada pengejaran suap: tempatkanlah mereka di antara bangsa itu menjadi pemimpin seribu orang, pemimpin seratus orang, pemimpin lima puluh orang dan pemimpin sepuluh orang. (Keluaran 18:17&21)

Kita dapat mengatasi overthinking dengan meminta saran dari orang yang lebih tua atau lebih dewasa secara rohani. Selain itu, kita pun harus menyadari bahwa tidak semua masalah dapat kita atasi seorang diri, oleh sebab itu sangat wajar bila kita meminta bantuan orang lain.

Tidak berfokus pada masalah kita yang besar akan mengurangi overthinking kita, oleh sebab itu kita harus menyadari bahwa kita memiliki Tuhan yang besar, yang sanggup menolong kita kapan saja. Mari memiliki pola pikir yang Firman Tuhan ajarkan agar tubuh dan mental kita sehat sehingga dapat menjadi berkat dan hidup lebih maksimal.

Tags: , , , , , , , , ,

you're currently offline