Tanpa Sadar Hal Ini Bisa Membuat Kita Ditinggalkan Tuhan

Tanpa Sadar Hal Ini Bisa Membuat Kita Ditinggalkan Tuhan

Yakin hidup kita sedang baik-baik saja? Pernah berpikir bahwa ada hal-hal yang membuat Roh Tuhan meninggalkan kita tanpa kita sadari. Yuk, belajar dari Simson yang tidak menyadari bahwa Roh Tuhan sudah meninggalkannya ketika hatinya telah condong kepada wanita yang bukan dari Tuhan dan kepada keinginan-keinginan hatinya yang bertentangan dengan kehendak Tuhan.

Lalu berserulah perempuan itu: “Orang Filistin menyergap engkau, Simson!” Maka terjagalah ia dari tidurnya serta katanya: “Seperti yang sudah-sudah, aku akan bebas dan akan meronta lepas.” Tetapi tidaklah diketahuinya, bahwa TUHAN telah meninggalkan dia. (Hakim-hakim 16:20)

Simson tidak kuat dengan rengekan Delila yang merayunya untuk memberitahu dimana letak kelemahan dirinya, sehingga Simson mengatakannya lalu Simson pun mulai mengalami kejatuhannya. Seperti kita ketahuin bahwa Simson akhirnya ditangkap orang-orang Filistin dan kemudian mati tertimpa bangunan bersama ribuan orang Filistin juga.

Dunia ini sama seperti Delila yang selalu merengek kepada kita untuk membuat kita jatuh dalam berbagai dosa dan keinginan-keinginan yang tidak sesuai kehendak Tuhan, oleh sebab jangan sampai kita terlena sehingga terbujuk, karena Roh Tuhan akan meninggalkan kita ketika kita mulai berkompromi dengan dunia ini.

Tuhan seringkali mempertemukan kita dengan “Delila” dunia ini, mungkin dapat berupa lawan jenis, kesempatan untuk korupsi, kesempatan untuk menonton video porno. Kesempatan untuk berselingkuh dan berbagai kesempatan atau hal lain yang berpotensi menjatuhkan kita ke dalam dosa.

Mungkin kita merasa bahwa saat ini kita masih melayani Tuhan, masih pergi ke gereja, masih berdoa dan memuji Tuhan, namun saat hati kita tidak tertuju kepada Tuhan, maka sesungguhnya kita sedang terjebak dengan dunia ini. Apa hal yang membuat kita melupakan Tuhan? Itulah yang harus kita ubah.

Firman Tuhan mengatakan bahwa kita tidak bisa mengabdi kepada dua tuan, yakni kepada dunia dan Tuhan, karena kita harus memilih mendedikasikan hidup kepada dunia atau kepada Tuhan. Ingatlah, bahwa bahaya sedang mengintai ketika kita sedang memilih dunia ini. Jangan berpikir bahwa Tuhan pasti membuka pintu maaf atau Tuhan pasti mengampuni.

Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya. (1 Yohanes 2:17)

Mari belajar dari Simson, karena ketika Simson ditangkap, ia sudah tak memiliki kesempatan lagi untuk kembali seperti saat dulu lagi, dimana ia bisa menjadi pahlawan Israel yang gagah perkasa. Jangan terseret dengan tipuan dunia yang seolah-olah tidak apa-apa. Mari melihat diri kita, agar tidak terseret oleh tipu daya dunia ini.

Tags: , , , , , , , , ,

you're currently offline