Lebih Nyaman Ibadah Online? Cek Dulu Manfaat Beribadah Onsite Bagi Pertumbuhan Rohani Kita

Lebih Nyaman Ibadah Online? Cek Dulu Manfaat Beribadah Onsite Bagi Pertumbuhan Rohani Kita

Masa pandemi membuat kita harus beribadah secara online karena pemerintah mewajibkan kita menjaga jarak, namun kini ibadah di gereja sudah dapat dilakukan seperti biasa, meskipun kia masih harus menjaga jarak dan menjauhi kerumunan. Kini, kita sudah dapat merasakan duduk kembali di bangku gereja dan bertemu saudara seiman.

Banyak manfaat dari mengikuti ibadah secara tatap muka, karena dapat membangun kedisiplinan rohani kita, misalnya kita harus memberikan waktu khusus untuk duduk dengan tenang mendengar Firman Tuhan dan menyembah Tuhan. Kita juga dapat saling menyapa teman-teman seiman dan saling mendoakan.

Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat. (Ibrani 10:25)

Perkumpulan dengan sesama orang percaya dapat membangun iman kita, apalagi di masa-masa akhir zaman ini, dimana pengajaran Firman Tuhan kerap dibelokkan serta tipu daya Iblis yang semakin gencar dan dapat membuat kita jatuh. Beribadah secara tatap muka memberi kita ruang untuk saling berkomunikasi, berbagi kisah, saling menegur dan membangun.

Dengan berkumpul bersama teman-teman seiman, kita dapat berdoa syafaat bersama dengan penuh kesepakatan sehingga doa-doa kita dapat lebih cepat terkabul. Selain itu, kebersamaan bersama dengan teman-teman seiman akan membbuat kita tidak merasa sendirian dalam menjalani kehidupan yang semakin berat.

Beribadah secara online di rumah atau dimana saja kita berada memang praktis dan kita pun juga dapat merasakan hadirat Tuhan karena Tuhan Maha Hadir, namun benarkah kita dapat benar-benar fokus selama ibadah online? Bukankah kita seringkali tergoda untuk mengecek sesuatu saat ibadah, misalnya jika ada tamu tiba-tiba datang, anak-anak yang tak mengerti, suara tetangga dan hal lainnya.

Berikan waktu kita untuk mengunjungi rumah Tuhan dan bertemu dengan saudara seiman agar kita dapat terus terbangun secara rohani, bertumbuh dan tetap terkoneksi secara sosial dengan sesama orang percaya, karena di situlah letak kekuatan kita. Berdoalah pada Tuhan jika kita ingin sekali datang ke gereja namun situasi dan kondisi tak memungkinkan, sebab Tuhan mampu membuka jalan-jalan kita.

Tags: , , , , , , , , , , ,

you're currently offline