Ini Manfaat Menghafal Ayat Firman Tuhan

Ini Manfaat Menghafal Ayat Firman Tuhan

Firman Tuhan yang kita baca setiap hari bukan hanya sekadar makanan rohani kita semata, namun dapat memberi banyak manfaat yang kita butuhkan setiap hari. Oleh karena itu, kita harus membaca Firman Tuhan setiap hari, bahkan menghafalnya. Menghafal Firman Tuhan pun dapat memberikan manfaat besar bagi kita.

Dengan menghafal Firman Tuhan berarti akan membuat kita mengingat Firman Tuhan dan hal inilah yang akan membantu kita di saat sulit dalam hidup ini. Firman Tuhan akan bekerja dengan penuh kuasa untuk melakukan sesuatu yang baik sesuai dengan yang kita Imani, dan iman akan bertumbuh karena telah menghafal-Nya.

Dan sekarang, saudara-saudara, aku mau mengingatkan kamu kepada Injil yang aku beritakan kepadamu dan yang kamu terima, dan yang di dalamnya kamu teguh berdiri. (1 Korintus 15:1)

Menghafal ayat Firman Tuhan bukanlah perkara kecil, alasannya, karena pada saat kita mengingat ayat janji Tuhan, hal itu memberikan kita kepercayaan diri atau keteguhan hati, terutama pada saat kita sedang dilanda oleh masalah-masalah yang menggetarkan iman.

Misalnya, ketika kita sedang mengalami masalah dalam hal keuangan, dengan menghafal ayat Firman Tuhan maka kita akan menjadi jauh lebih percaya diri menghadapi masalah itu karena kita mengingat ayat-ayat kekuatan yang membawa kepastian.

Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. (Ibrani 4:12)

Jika kita sedang ragu terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi, maka kita dapat mengingat ayat Firman Tuhan, maka ayat Firman Tuhan yang sudah kita hafal akan berkuasa dan akan memberikan kita kekuatan untuk memercayai Tuhan dan beriman dengan lebih teguh.

Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib. (1 Petrus 2:9)

Ayat-ayat Firman Tuhan yang kita hafal akan memberikan kepercayaan diri kita akan jaminan Tuhan dalam setiap masalah hidup kita, sehingga kita tak akan mengalami ketakutan, kuatir dan cemas karena ayat-ayat tersebut akan membuat kita dapat tetap teguh berdiri di atas kebenaran Firman Tuhan sekalipun dunia bergoncang.

Tags: , , , , , , , , ,

you're currently offline