Ini Alasan Firman Tuhan Mengapa Kita Harus Sedikit Bicara, Banyak Mendengar

Ini Alasan Firman Tuhan Mengapa Kita Harus Sedikit Bicara, Banyak Mendengar

Firman Tuhan mengatakan bahwa perkataan memberi buah dalam kehidupan kita. Oleh sebab itu, dalam kehidupan sehari-hari kita perlu bijaksana dalam berkata-kata karena hal ini merupakan bagian penting dari kehidupan. Mari belajar untuk menjaga setiap perkataan kita agar berkenan di hadapan Allah dan menghasilkan buah yang baik.

Selain perkataan yang selalu diajarkan, mengenai mendengar pun Tuhan mengajarkannya bagi kita. Banyak Firman Tuhan yang menasehati kita untuk lebih sedikit berbicara dan banyak mendengar, mungkin inilah yang menyebabkan Tuhan memberikan kita hanya satu mulut dan dua telinga. Jadi, mari belajar untuk lebih banyak mendengar dan sedikit berbicara

Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata….(Yakobus 1:19)

Tuhan menginginkan kita untuk lambat dalam berkata-kata karena apa yang kita katakan kepada orang lain akan kembali kepada hidup kita. Oleh karena itu kita harus melatih diri kita dalam berbicara dan yang lebih penting adalah kita harus dapat menyaring kata-kata kita sebab kita akan bertanggung jawab dengan semua perkataan kita. Jadi, berpikir dulu sebelum bicara.

Perkataan kita akan menjelaskan siapa diri kita dan orang yang banyak bicara akan mendatangkan kerugian bagi diri sendiri dan setiap perkataan meluap dari hati kita, jadi yang sangat utama dalam hidup kita adalah membereskan hati terlebih dahulu, agar perbendaharaan kata-kata kita memancarkan berkat.

Aku akan memberikan mereka hati yang lain dan roh yang barudi dalam batin mereka; juga Aku akan menjauhkan dari tubuh mereka hati yang keras dan memberikan mereka hati yang taat, (Yehezkiel 11:19)

Hanya Tuhan yang dapat membersihkan hati kita dan menjadikan baru, lalu mengubahkan hidup kita. Jika kita meminta pada Tuhan hal-hal ini maka Ia akan melakukannya, karena setelah kita menjadi manusia baru, maka kita dapat mendengar suara Tuhan lebih jernih dan dapat menjadi pendengar yang baik.

Selain harus lebih cepat mendengar Firman Tuhan, Tuhan juga menginginkan kita untuk lebih cepat mendengarkan orang lain. Pelayanan mendengar sangat dibutuhkan di masa sulit ini dan mendengarkan orang lain akan membuat kita belajar banyak mengenai kehidupan ini serta dapat membuat ita menjadi teladan. Banyak mendengar akan menyempurnakan kita dan memulihkan orang lain.

Dari langit Ia membiarkan engkau mendengar suara-Nya untuk mengajari engkau, di bumi….(Ulangan 4:36)



Tags: , , , , , , ,

you're currently offline