Mendidik Anak Agar Hidup Disiplin Sesuai Firman Tuhan

Mendidik Anak Agar Hidup Disiplin Sesuai Firman Tuhan

Sangat tidak mudah menjadi orang tua, apalagi di era digital seperti sekarang ini, karena banyak sekali faktor yang dapat merusak moral anak-anak. Oleh sebab itu, kita perlu tuntunan Firman Tuhan agar dapat mendidik anak sesuai kebenaran Firman Tuhan.

Berikut ini beberapa tips penting yang dapat dicoba oleh orang tua agar dalam mendidik anak, agar kelak anak-anak kita menjadi anak-anak yang takut akan Tuhan dan menjadi generasi pemenang di zamannya.

  • Membaca Alkitab setiap hari

…… bertekunlah dalam membaca Kitab-kitab Suci, dalam membangun dan dalam mengajar. (1 Timotius 4:13)

Bangun disiplin membaca Alkitab dalam bentuk buku setiap hari atau dengan cara dibacakan, semakin dini usia anak mengenal Alkitab maka semakin baik untuk mempelajari Firman Tuhan. Membaca merupakan pembelajaran paling efektif untuk anak-anak, karena mereka sedang belajar banyak hal.

  • Bantu anak temukan pesan Tuhan

Singkapkanlah mataku, supaya aku memandang keajaibankeajaiban dari Taurat-Mu. (Mazmur 119:18)

Melalui Firman Tuhan, orang tua dapat membentuk karakter anak menjadi seperti tokoh-tokoh iman di Alkitab, leh sebab itu orang tua harus dapat membantu anak menemukan pesan Tuhan dari moral atau pelajaran Firman Tuhan. Minta hikmat Tuhan agar dapat menyingkapkan roh kita sehingga mendapat rhema dari Tuhan.

  • Arahkan anak untuk melakukan Firman

Tetapi Ia berkata: “Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allahdan yang memeliharanya.” (Lukas 11:28)

Arahkan anak untuk melakukan apa yang sesuai dengan Firman Tuhan dalam hidup sehari-hari dan jelaskan sebab akibat jika kita melakukan Firman Tuhan sesuai dengan kehendak-Nya.

  • Beri teladan

Dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu, (Titus 2:7)

Tunjukkan teladan bagaimana menjadi anak Tuhan yang baik serta jadilah orang tua yang dapat diteladani oleh anak-anak kita, sehingga mereka mengidolakan sosok orang tua mereka.

Tags: , , , , , , , , ,

you're currently offline