Saat Penggenapan Janji Tuhan Terasa Sangat Lama, Lakukan Hal Ini

Saat Penggenapan Janji Tuhan Terasa Sangat Lama, Lakukan Hal Ini

Jika saat ini kita sedang menanti janji Tuhan namun penggenapannya terasa berjalan sangat lama, mungkin Tuhan sedang menguji iman kita. Sesungguhnya penggenapan janji Tuhan tidak akan berjalan lama, karena semua waktunya sudah Tuhan atur dan indah pada saatnya.

Yang membuat kita merasa sangat lama saat penggenapan janji Tuhan adalah perasaan kita yang tidak sabar dan kehendak kita yang ingin terburu-buru. Oleh sebab itu, tetaplah berfokus pada rencana Tuhan dan bukan pada masalah kita.

Kegundahan hati saat menanti penggenapan janji Tuhan juga dialami oleh Yosua setelah Musa meninggal. Yosua menjadi takut memimpin bangsa Israel dan merasa lemah karena merasa Tuhan tidak menolongnya, sehingga Tuhan harus menguatkannya hingga tiga kali dengan kalimat yang sama.

Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut  dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi. (Yosua 1:9)

Tuhan tidak pernah terlambat menepati janji-Nya dan juga tidak pernah terlalu dini dalam menggenapi janji-Nya. Jika kita merasa seperti sendirian menjalani kehidupan ini, taka da yang dapat menolong dan benar-benar tak sanggup menanti janji Tuhan, maka yang kita perlu lakukan adalah meniru Yosua.

“Jalanilah seluruh perkemahan dan perintahkanlah kepada bangsa itu, demikian: Sediakanlah bekalmu, sebab dalam tiga hari kamu akan menyeberangi sungai Yordan  ini untuk pergi menduduki  negeri yang akan diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk diduduki.” (Yosua 1:11)

Yosua mengawali perjuangannnya dengan menyediakan bekal untuk melakukan perjalanan selama 3 hari agar ia memiliki stamina yang sehat dan tetap kuat menjalani hari-harinya. Kita pun dapat melakukan hal yang sama dengan Yosua, yakni menyiapkan tenaga kita dengan tetap makan dan minum agar selalu sehat.

…tetapi kamu, semua pahlawan yang gagah perkasa, haruslah menyeberang di depan saudara-saudaramu  dengan bersenjata, dan haruslah menolong mereka, sampai TUHAN mengaruniakan keamanan kepada saudara-saudaramu seperti kepada kamu juga…(Yosua 1:14-15)

Yosua harus berjalan menuju tanah perjanjian sambil menolong umat Tuhan menjalani hidup mereka sebab Yosua dipilih Tuhan untuk memimpin mereka. Pada waktu Yosua taat maka Tuhan mengaruniakan kekuatan dan keamanan baginya.

Begitu pun dengan diri kita, sambil menunggu penggenapan janji Tuhan, maka kita harus tetap melalukan pekerjaan atau panggilan hidup kita serta membantu sesama kita yang membutuhkan pertolongan sebab Tuhan tetap menguatkan dan menyertai kita.

you're currently offline