Jangan Stop Baca Alkitab Walau tak Mengerti Firman Tuhan, Ini Berkatnya

Jangan Stop Baca Alkitab Walau tak Mengerti Firman Tuhan, Ini Berkatnya

Kemalasan membaca Firman Tuhan pasti seringkali kita rasakan karena berbagai alasan, misalnya saja tidak menyiapkan waktu, suka mengantuk atau karena sering tidak mengerti Firman Tuhan. Jika yang menjadi alasannya adalah karena faktor tidak mengerti Firman, maka kita harus mulai mempraktekkan beberapa ayat ini agar kita menjadi umat yang mengerti Firman-Nya.

Mengerti Firman Tuhan memang sebuah hal yang sulit jika kita tidak meminta tuntunan Tuhan melalui Roh Kudus yang berperan untuk menolong kita. Hal inilah yang dialami juga oleh kedua murid Yesus yang sedang berjalan ke Emaus ketika Yesus sudah mati di salib. Hati mereka dilingkupi kesedihan sebab mereka berpikir Yesus benar-benar pergi, sampai tak menyadari kalua Yesus sedang bersama mereka.

Tetapi ada sesuatu yang menghalangi mata mereka, sehingga mereka tidak dapat mengenal Dia. (Lukas 24:16)

Kita memerlukan pertolongan Tuhan untuk dapat mengenal Kebenaran Firman Tuhan sebab hati dan pikiran kita terbatas mengerti hal-hal kekal, sementara pikiran dan hati kita lebih banyak dipenuhi hal-hal yang bersifat duniawi.

Jangan berputus asa menyalahkan diri sendiri jika kita masih belum dapat memahami Firman Tuhan atau mungkin menyalahkan orang lain yang sulit memahami Firman Tuhan, karena memang pikiran manusia terbatas, sehingga memerlukan pertolongan Tuhan.

Waktu Ia duduk makan dengan mereka, Ia mengambil roti, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka. Ketika itu terbukalah mata mereka dan merekapun mengenal Dia, tetapi Ia lenyap dari tengah-tengah mereka. (Lukas 24:30-31)

Para murid Tuhan Yesus pun sama seperti yang sudah mengikut Tuhan Yesus sekian lama namun kerap tak dapat mengerti dan memahami Firman Tuhan, oleh sebab itu kita harus lebih banyak belajar menyediakan hati dan membukanya agar Firman Tuhan dapat masuk ke dalam hati serta pikiran kita.

Harus diketahui pula bahwa ketika kita masih belum dapat mengerti Firman Tuhan, ini berarti masih ada selubung yang menutupinya sehingga kita tidak mengerti Firman Tuhan. Hanya Tuhan Yesus yang dapat membuka selubung tersebut, karena dengan kuasa-Nya kita dapat mengenal dan memahami Firman Tuhan.

Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci. (Lukas 24:25)

Mintalah Tuhan Yesus untuk membuka hati dan pikiran kita agar dapat mengerti Firman-Nya, sehingga waktu yang sudah kita luangkan untuk membaca Alkitab dan merenungkan-Nya tidak menjadi sia-sia. Ketika kita dapat mengerti dan memahami Firman Tuhan, maka mata rohani kita akan dapat memandang kebesaran Tuhan dan mulut kita mudah bersaksi tentang Tuhan Yesus.

you're currently offline