3 Hal dari Ayub yang Membantu Kita Atasi Depresi

3 Hal dari Ayub yang Membantu Kita Atasi Depresi

Ayub manusia biasa seperti kita, namun Ayub mendapat kasih karunia dari Tuhan sebab ia memiliki kehidupan yang saleh dan senantiasa berusaha untuk hidup berkenan di hadapan Tuhan. Sikap hidup inilah yang memudahkan Ayub melewati ujian hidupnya, sebab Tuhan memperhitungkan segala yang diperbuat Ayub dengan kesungguhan hatinya.

…..Ayub; orang itu salehdan jujur;ia takut akan Allahdan menjauhi kejahatan ( Ayub 1:1)

Meskipun hidup benar di hadapan Tuhan, Ayub tak lepas dari masalah psikolgi akibat badai hidup yang berat di pundaknya. Ia tetap mengeluh dan menanyakan kesalahannya kepada Tuhan, sebab tubuh dan jiwanya merasa tersiksa.

Mungkin saat ini kita menderita juga dalam dunia ini, entah penderitaan batin atau penderitaan fisik karena sakit penyakit atau karena kekurangan. Namun, kita dapat belajar mengatasinya seperti Ayub yang tetap beriman pada Tuhan dan mau memperbaiki diri.

  • Terima saran dengan bijak

Suatu perkataan telah disampaikan kepadaku dengan diam-diam dan telingaku menangkap bisikannya. (Ayub 4:12)

Tidak semua saran yang diberikan orang lain harus kita ikuti, karena belum tentu yang terbaik bagi kita dan jangan bergantung pada keadaan, tapi memilih untuk percaya pada rencana Tuhan.

  • Tetap berharap pada Tuhan

Hidup dan kasih setia Kau karuniakan kepadaku, dan pemeliharaan-Mu menjaga nyawaku. (Ayub 10:12)

Berkeluh kesah memang tak dilarang, namun tetaplah memiliki pengharapan dalam Tuhan yang tak pernah mengecewakan kita.

  • Jangan goyah dalam beriman

Kalau aku mengingat kepalaku, maka seperti singa Engkau akan memburu aku, dan menunjukkan kembali kuasa-Mu yang ajaib kepadaku. (Ayub 10:16)

Walaupun kita kerap bertanya pada Tuhan mengapa hidup kita seperti ini, namun kita harus tetap beriman dengan teguh karena Tuhan lebih besar dari masalah kita dan Ia pasti membuat keajaiban-Nya bagi kita.

you're currently offline