Jalin Relasi Seperti Ini dengan Sesama dan Raih Anugerah Ini

Jalin Relasi Seperti Ini dengan Sesama dan Raih Anugerah Ini

Setiap kali Tuhan Yesus berbicara, selalu ada kuasa yang mengalir dari diri-Nya dan kuasa tersebut telah mengubahkan banyak orang. Jika kita sahabat Tuhan Yesus, maka kita pun pasti seperti demikian.

Dua orang yang bersahabat pasti akan memiliki banyak kesamaan, inilah ciri persahabatan sehingga satu sama lain seperti saling melengkapi dan merasa utuh dengan sahabatnya, seperti yang dialami antara Daud dan Yonatan.

Ketika Daud habis berbicara dengan Saul, berpadulah jiwa Yonatan dengan jiwa Daud; dan Yonatan mengasihi dia seperti jiwanya sendiri. (1 Samuel 18:1)

Persahabatan antara Daud dan Yonatan benar-benar murni dan sejati, sebab mereka berani mempertaruhkan nyawa bagi sahabatnya. Yonatan rela menolong Daud yang akan dibunuh oleh Saul.

Tetapi jawab Yonatan: “Jauhlah yang demikian itu! Sebab jika kuketahui dengan pasti, bahwa ayahku telah mengambil keputusan untuk mendatangkan celaka kepadamu, masakan aku tidak memberitahukannya kepadamu?” (1 Samuel 20:9)

Seperti yang dikatakan Firman Tuhan bahwa seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu dan menjadi saudara dalam kesukaran, beginilah yang Tuhan Yesus inginkan dari hidup kita, yakni hidup yang penuh kasih dan menjadi penolong orang lain.

Persahabatan Daud dan Yonatan terjalin sampai kematian memisahkan sehingga Daud sangat berduka ketika mendengar kabar bahwa Yonatan sudah meninggal,  ia sampai menuliskan ratapan-ratapannya dalam kitab nabi Samuel.

Merasa susah aku karena engkau, saudaraku Yonatan, engkau sangat ramah kepadaku; bagiku cintamu lebih ajaib dari pada cinta perempuan. Betapa gugur para pahlawan dan musnah senjata-senjata perang! (2 Samuel 1:26-27)

Ada banyak manfaat yang kita dapatkan ketika menjalin persahabatan dengan tulus, sebab Tuhan akan memberikan anugerah-Nya melalui sahabat kita. Tuhan pun menginginkan kita memuliakan nama-Nya melalui persahabatan yang kita bangun, sebab semua yang baik berasal dari Tuhan.

you're currently offline