Berubah dalam Hal Kecil Ini Bisa Membawa Berkat Besar

Berubah dalam Hal Kecil Ini Bisa Membawa Berkat Besar

Kia sering menyangka bahwa melakukan perubahan harus berjuang ekstra, padahal berubah dapat dimulai dari hal yang paling kecil dan tidak dianggap karena kecenderungan manusia sulit berubah.

Mari melihat diri kita dalam hal yang paling tidak dianggap, misalnya saja dalam hal memperlakukan orang-orang yang kurang dianggap di lingkungan kita, seperti asisten rumah tangga, pengangkut sampah, petugas penjaga kebersihan dan keamanan.

Orang-orang seperti mereka pasti tidak mendapat perhatian khusus dari kita karena biasanya kita tidak menganggap penting mereka. Padahal Firman Tuhan mengajarkan kita untuk saling mengasihi tanpa memandang status seseorang.

Sebab TUHAN, Allahmulah Allah segala allah dan Tuhan segala tuhan, Allah yang besar, kuat dan dahsyat, yang tidak memandang bulu…(Ulangan 10:17)

Perubahan kecil lain yang dapat kita lakukan dalam lingkungan kita misalnya dengan bersosialisasi di lingkungan tempat kita tinggal dengan cara menyapa tetangga, memiliki hubungan baik dengan sesama penghuni rumah di Rukun Tetangga tempat kita tinggal.

Di zaman sekarang ini, dimana kita disibukkan dengan berbagai aktivitas membuat kita tak mengenal tetangga. Hal ini sangat menyedihkan karena tetangga merupakan orang yang kita butuhkan saat kesulitan datang di lingkungan rumah.

….Lebih baik tetangga yang dekat dari pada saudara yang jauh. (Amsal 27:10)

Hal kecil yang bisa kita lakukan bagi orang lain dan bangsa ini dapat juga kita lakukan dengan mendoakan. Doa kita mungkin sederhana dan singkat namun dapat membawa perubahan besar. Percayalah bahwa tak ada doa yang sia-sia jika kita tulus mendoakan.

Sesungguhnya Allah itu baik bagi mereka yang tulus hatinya, bagi mereka yang bersih hatinya. (Mazmur 73:1)

Mari mulai melakukan hal-hal yang terkesan kecil dan sepertinya tak nampak di mata orang lain, tapi kelak kita akan menuai hasilnya. Tak ada perbuatan baik yang sia-sia karena apa yang kita tabur, itu juga yang kita dapatkan.

you're currently offline