Kata Firman Tuhan Begini Akibat Suka Membesar-besarkan Masalah

Kata Firman Tuhan Begini Akibat Suka Membesar-besarkan Masalah

Semua orang memiliki masalah dan tantangan masing-masing. Tetapi cara kita melihat masalah akan menentukan hasil akhir yang akan kita raih. Jadi, ingin seperti apa kita berhasil dalam menemukan jalan keluar, tergantung dari cara kita memandangnya.

12 pengintai mengajarkan kita cara memandang masalah dan tantangan yang ada di depan. Pada waktu Musa mengutus 12 pengintai untuk mengintip tanah perjanjian yang Tuhan akan berikan, hanya dua pengintai yaitu Kaleb dan Yosua yang mengatakan sejujurnya.

Juga kami lihat di sana orang-orang raksasa, orang Enak yang berasal dari orang-orang raksasa, dan kami lihat diri kami seperti belalang, dan demikian juga mereka terhadap kami.” (Bilangan 13:33)

Kesepuluh pengintai memandang bahwa tanah perjanjian sebagai sarang raksasa yang mengerikan sehingga mendengar laporan tersebut, membuat bangsa Israel menjadi takut.

Karena rasa takutnya itu, bangsa Israel bersungut-sungut dan protes kepada Musa karena mengingat kenikmatan hidup di Mesir, sementara tempat yang akan mereka datangi ternyata berisi raksasa-raksasa menakutkan.

Persungutan tersebut membuat Tuhan marah sehingga menimbulkan bencana bagi bangsa Israel yang tidak mau mematuhi perintah Tuhan dan berakhir pada kematian yang kekal.

……demikianlah akan Kulakukan kepadamu. Di padang gurun ini bangkai-bangkaimu akan berhantaran, yakni semua orang di antara kamu yang dicatat, semua tanpa terkecuali yang berumur dua puluh tahun ke atas, karena kamu telah bersungut-sungut kepada-Ku. Bahwasanya kamu ini tidak akan masuk ke negeri yang dengan mengangkat sumpah telah Kujanjikan akan Kuberi kamu diami, kecuali Kaleb bin Yefune dan Yosua bin Nun! (Bilangan 14:28-30)

Bagi sepuluh pengintai, raksasa mengerikan akan memakan mereka hidup-hidup, namun bagi Kaleb dan Yosua melihat bahwa raksasa itu tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan Tuhan yang besar.

Iman Yosua dan Kaleb tumbuh dan berbuah seiring dengan pengalamannya melihat kuasa Tuhan yang telah membebaskan bangsa Israel dengan berbagai tanda dan mujizat.

Jangan membesar-besarkan masalah yang ada karena Tuhan sanggup mengubahkan segalanya. Raksasa besar di depan kita tak ada artinya dengan kuasa Tuhan. Membesarkan masalah hanya akan mendatangkan murka Tuhan, jadi lebih baik kecilkan masalah dan besarkan nama Tuhan.

you're currently offline