Ingin Anak Anda Menjadi Pria Sejati? Ayo, Lakukan Ini, Para Ayah!

Ingin Anak Anda Menjadi Pria Sejati? Ayo, Lakukan Ini, Para Ayah!

Seorang ayah memiliki peranan penting dalam memiliki peranan penting dalam membentuk karakter anak-anaknya. Hal ini sangat penting karena anak lelaki kelak akan menjadi kepala keluarga.

Oleh sebab itu, anak lelaki harus belajar dari ayahnya tentang bagaimana memperlakukan ibunya, mengambil keputusan, bangkit dari kegagalan dan berbagai hal lain yang harus dipelajari anak lelaki.

Sebelum meninggal, Daud berrpesan kepada anaknya Salomo yang akan menjadi penerus dirinya sebagai raja Israel. Daud juga memberikan berbagai pesan bijak agar Salomo menjadi raja yang bijaksana.

“Aku ini akan menempuh jalan segala yang fana, maka kuatkanlah hatimu dan berlakulah seperti laki-laki. (1 Raja-raja 2:2)

Menjadi pria sejati bukan perkara mudah, karena karakter ini harus dipupuk para ayah sejak anak berusia dini dan seterusnya sampai para ayah meninggalkan dunia ini.

  1. Anak perlu melihat ayah mencintai ibunya

Sebagai ayah, perlakukanlah istri dengan baik dan lembut agar anak dapat meniru bagaimana ayah menyayangi ibunya. Perilaku ini akan mengajarkan anak bagaimana berlaku sopan kepada saudara perempuan dan teman perempuannya.

  1. Anak perlu melihat kegagalan ayahnya

Bukan hanya kesusksesan yang perlu diajarkan kepada anak agar ia juga kelak menjadi orang sukses. Namun, anak juga perlu melihat kegagalan ayahnya agar ia dapat belajar bahwa mengalami kegagalan bukanlah sebuah masalah besar asal ia mau bangkit kembali

  1. Anak perlu melihat ayah memimpin keluarganya

Pemimpin adalah hasil didikan, tidak pandai sejak dilahirkan. Jadi, anak lelaki perlu melihat ayahnya memimpin keluarga agar, menghargai orang lain dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

  1. Anak perlu melihat ayahnya bertanggung jawab

Hal yang paling penting dari seorang lelaki adalah bertanggung jawab atas keluarganya, jadi anak lelaki harus belajar dari ayahnya bagaimana cara menafkahi keluarga, berkarya maksimal atas pekerjaannya dan serta konsisten dengan aturan yang sudah dibuatnya.

you're currently offline