Ini Kesalahan Mengatur Keuangan Keluarga, Cek untuk Selamatkan Keuangan

Ini Kesalahan Mengatur Keuangan Keluarga, Cek untuk Selamatkan Keuangan

Semua orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik bagi keluarganya, namun kadang kita terjebak dengan kesalahan dalam membelanjakan kebutuhan keluarga sehingga menjadi sia-sia. Agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari, mari cek apakah kita sudah melakukan kesalahan pengelolaan keuangan atau tidak.

Alkitab mengajarkan juga agar kita cakap mengelola keuangan supaya tidak merugikan keluarga dan orang lain. Simak beberapa kesalahan yang kerap dilakukan dalam mengelola keuangan.

1. Membeli perlengakapan bayi berlebihan, bahkan membeli barang tidak penting yang seharusnya tidak perlu.

2. Tidak memiliki prioritas dalam membeli barang. Oleh sebab itu buat catatan perbandingan barang apa saja yang lebih mendesak dan cari perbandingan harga dari beberapa toko sebelum membeli.

3. Tidak memiliki tabungan atau dana darurat keluarga. Hal ini penting karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari.

4. Tidak pernah mencatat pemasukan dan pengeluaran secara berkala

5. Tidak mengajarkan menabung dan dasar keuangan kepada anak-anak.

6. Membandingkan diri dengan keuangan orang lain dan tidak mau kalah dengan barang-barang milik tetangga.

7. Tidak berinvestasi atau membeli asuransi

8. Tidak memberi persepuluhan atau kurang menabur untuk pekerjaan Tuhan dan orang lain.

Meskipun kita percaya bahwa Tuhan memelihara hidup kita namun kita pun harus bijaksana mengelola keuangan sebab uang adalah harta titipan Tuhan yang harus kita kelola dengan benar.

Jadi, jikalau kamu tidak setia dalam hal Mamon yang tidak jujur, siapakah yang akan mempercayakan kepadamu harta yang sesungguhnya? (Lukas 16:11)

you're currently offline