Ingin Dihormati Anak Anda? Anda Wajib Lakukan Hal Ini

Ingin Dihormati Anak Anda? Anda Wajib Lakukan Hal Ini

Menjadi orangtua di zaman sekarang ini sangat tidak mudah, karena mengatur anak agar menuruti perkataan orang tua membutuhkan keterampilan dan kecakapan tersendiri.

Hal ini tidak terjadi secara instan karena dibutuhkan proses dan perjuangan orang tua dalam mengasuh anak. Dan, jika kita mau belajar serta mendorong diri semaksimal mungkin, maka kita tentu bisa memiliki anak-anak berkarakter baik seperti yang kita inginkan.

  1. Jadi teladan baik

Dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu. (Titus 2:7)

Anak adalah seorang peniru ulung. Anak akan meniru bagaimana tingkah laku dan tutur kata orang tua. Jadi, hadirlah sebagai sosok yang dijadikan panutan bagi anak Anda, seperti pesan Paulus pada Titus.

  1. Hormati hak anak

Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat. (Roma 12:10)

Hormat harus ditunjukan kepada anak, dengan begitu anak akan belajar menghormati orang lain juga. Misalnya dengan mencukupi kebutuhan anak, memberi kasih sayang yang tulus dan sebagainya.

  1. Minta maaf jika salah

Ya, aku mengaku kesalahanku, aku cemas karena dosaku. (Mazmur 38:18)

Menjadi orangtua bukan berarti menjadi manusia yang selalu benar terhadap anak. Jika Anda berbuat kesalahan atau ingkar janji, jangan gengsi untuk mengaku salah dan meminta maaf. Meminta maaf tidak akan menurunkan harga diri kita sebagai orangtua, hal ini justru akan membuat anak merasa dihargai dan sikap ini akan ditiru oleh anak.

Memiliki anak-anak yang baik, sopan, jujur dan berkarakter Kristus bukan hal yang mustahil jika kita sebagai orangtua mau belajar dari Tuhan Yesus dalam mengasuh anak. Alkitab mengajarkan semua hal baik dalam mendidik anak, jadi jangan malas membacanya jika rindu membentuk anak seperti yang kita inginkan.

Bagiku tidak ada sukacita yang lebih besar dari pada mendengar, bahwa anak-anakku hidup dalam kebenaran. (3 Yohanes 1:4)

you're currently offline