Ini Manfaat Mengucap Syukur untuk Kesehatan Kita!

Ini Manfaat Mengucap Syukur untuk Kesehatan Kita!

Banyak ayat dalam Alkitab yang mengajarkan kita agar senantiasa mengucap syukur kepada Tuhan dalam segala kondisi, sebab ada kuasa dalam pengucapan syukur yang kita lakukan. Kisah mujizat yang dilakukan Tuhan Yesus ketika memberi makan ribuan orang hanya dengan mengucap syukur kepada Bapa di sorga merupakan teladan bagi kita.

Peneliti Giacormo Bono, PhD, seorang professor psikologi dari California State University mengungkapkan bahwa ada banyak manfaat kesehatan yang akan kita dapatkan dari pengucapan syukur kepada Tuhan.

Sesudah itu Ia mengambil ketujuh roti dan ikan-ikan itu, mengucap syukur, memecah-mecahkannyadan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya memberikannya pula kepada orang banyak. Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, tujuh bakul penuh. (Matius 15:36-37)

  • Tidur lebih nyenyak

Ketika seseorang menghabiskan waktu 15 menit untuk menuangkan segala hal yang mereka syukuri ke dalam sebuah jurnal sebelum tidur maka orang yang bersangkutan akan lebih cepat tertidur dan tidur lebih lama.

  • Menjaga kesehatan jantung

Apresiasi dan emosi positif yang disebabkan dari pengucapan syukur akan membuat perubahan variabilitas detak jantung. Hal ini dianggap bermanfaat dalam etrapi pengobatan hipertensi dan mengurangi kemungkinan kematian mendadak pada pasien gagal jantung kongestif dan penyakit jantung coroner.

  • Sistem imun lebih sehat

Rasa syukur juga dikaitkan dengan optimisme sehingga mendorong sistem kekebalan tubuh menjadi sehat.

  • Menjaga kesehatan mental

Orang yang suka bersyukur akan menjadi lebih bahagia dan memiliki pandangan yang lebih baik mengenai dirinya, sehingga orang tersebut juga akan bertingkah laku baik.

  • Memberi efek panjang umur

Perasaan bersyukur yang hadir setiap hari dalam hati seseorang seperti vitamin yang baik bagi tubuh, sehingga dapat menurunkan rasa nyeri dan stress.

you're currently offline