Hati-hati dengan Dosa yang Dilakukan Terang-terangan, Ini Akibatnya!

Hati-hati dengan Dosa yang Dilakukan Terang-terangan, Ini Akibatnya!

Rutinitas rohani yang setiap hari dilakukan orang Kristen seringkali membuat tidak peka akan dosa-dosa yang tidak kelihatan berat atau dosa yang dianggap ringan sehingga kerap diremehkan, padahal berpotensi merusak kesehatan roh. Hal ini misalnya saja di kalangan pengerja gereja ada yang masih suka bergosip, mengumbar kebencian terhadap sesama anak Tuhan, hutang yang tidak dilunasi dan sebagainya.

kacamata-hitam-

Banyak orang Kristen menganggap remeh dosa-dosa yang dilakukan dengan terang-terangan ini dan mengira hal ini tidak berdampak dalam kehidupan. Padahal, Firman Tuhan menginginkan kita untuk hidup kudus dalam setiap aspek hidup kita. Akibat dosa yang dianggap remeh dan dilakukan secara terang-terangan, bangsa Israel harus mengalami kekalahan dengan dari kota Ai, karena Akhan mnegambil barang-barang yang dikhususkan.

Tetapi orang Israel berubah setia dengan mengambil barang-barang  yang dikhususkan itu, karena Akhan bin Karmi bin Zabdi bin Zerah, dari suku Yehuda,  mengambil sesuatu dari barang-barang yang dikhususkan itu. Lalu bangkitlah murka TUHAN terhadap orang Israel. (Yosua 7:1)

Karena ulah Akhan ini, Tuhan tidak memberikan kemenangan atas pertempuran melawan Ai, padahal kota itu hanya sedikit penduduknya, namun Tuhan tidak menyerahkan kota itu kepada bangsa Israel. Hal ini membuat Yosua bingung, sehingga ia bertanya kepada Tuhan, dan memberitahu bahwa Akhan telah berbuat dosa dengan tidak setia melakukan ketetapan Tuhan.

Orang-orang di sekeling Akhan tidak mengingatkan bahwa mengambil barang-barang yang dikhususkan merupakan hal yang membaut Tuhan murka sehingga Tuhan menghukum semua orang Israel atas tingkah laku Akhan. Seringkali kita pun demikian, yakni tidak menegur sesama pelayan Tuhan yang bergosip, tidak mengingatkan sesama anak Tuhan yang saling menyakiti dan sebagainya sehingga berpotensi membuat Tuhan murka.

Hanya dengan mengakui dosa dan bertobat maka Tuhan akan kembali membawa kita pada kemenangan atau mujizat yang telah Ia sediakan bagi kita. Oleh sebab itu, saling menegur dan mengingatkan terhadap sesama orang percaya sangat penting, demi menghindari murka Tuhan, sebab kita adalah Yosua di akhir zaman ini.

Berkatalah Yosua kepada Akhan: “Anakku, hormatilah TUHAN, Allah Israel, dan mengakulah di hadapan-Nya; katakanlah  kepadaku apa yang kauperbuat, jangan sembunyikan kepadaku.” Lalu Akhan menjawab Yosua, katanya: “Benar, akulah yang berbuat dosa terhadap TUHAN, Allah Israel, sebab beginilah perbuatanku: aku melihat di antara barang-barang jarahan itu jubah yang indah, buatan Sinear, dan dua ratus syikal perak dan sebatang emas yang lima puluh syikal beratnya; aku mengingininya, maka kuambil; semuanya itu disembunyikan di dalam kemahku dalam tanah, dan perak itu di bawah sekali.” (Yosua 7:19-21)

Baca juga:

Teruntuk Anda yang Suka Berdoa di Instagram Story, Ini Kata Firman Tuhan

Buang Sifat-sifat Ini, Jika Ingin Lulus dari Proses Tuhan

Ini Cara Memurnikan Pikiran Anda

Ini Pentingnya Menjaga Hati Dengan Segala Kewaspadaan

you're currently offline