Rahasia Memiliki Roh yang Berbeda dari yang Lain Agar Janji Tuhan Segera Tergenapi

Rahasia Memiliki Roh yang Berbeda dari yang Lain Agar Janji Tuhan Segera Tergenapi

Jika saat ini kita sedang menanti janji Tuhan digenapi dalam hidup kita, maka kita perlu belajar untuk memiliki roh yang berbeda dari dunia ini atau roh yang berbeda dari orang lain. Ketika Tuhan memimpin bangsa Israel menuju tanah Kanaan yang dijanjikan Tuhan, Musa harus terlebih dahulu mengirim 12 orang untuk mengintai tanah perjanjian tersebut.

kaleb.jpg

Faktanya, hanya dua orang saja yang menyampaikan kabar mengenai tanah perjanjian dengan benar sembari disertai kata-kata motivasi agar umat Israel tidak takut dan gentar memasuki tanah perjanjian tersebut, walaupun penduduknya seperti raksasa.

Kedua orang tersebut ialah Kaleb bin Yefune dan Yosua bin Nun. Tuhan mengingat perkataan Kaleb yang menguatkan hati bangsa Israel karena ia memiliki roh yang berbeda dari pengintai yang lain. Kaleb melihat dengan mata iman bahwa kelak kehidupan bangsa Israel akan lebih baik dan di bawah tangan Tuhan yang kuat ia percaya bahwa bangsa Israel sanggup mengalahkan raksasa-raksasa penghuni tanah Kanaan.

“But My servant Caleb, because he has a different spirit in him and has followed Me fully, I will bring into the land where he went, and his descendants shall inherit is. (NKJV, Numbers 14:24)

Roh yang berbeda itulah yang kemudian diperhitungkan Tuhan sehingga Kaleb menerima janji Tuhan dan dapat masuk ke tanah Kanaan bahkan memiliki tanah pusaka yang ia inginkan.

Itulah sebabnya Hebron menjadi milik pusaka Kaleb bin Yefune, orang Kenas itu, sampai sekarang ini, karena ia tetap mengikuti TUHAN, Allah Israel, dengan sepenuh hati. (Yosua 14:14)

Hanya Kaleb dan keturunannya yang mendapatkan kota terbesar dari tanah Kanaan itu karena ia memiliki roh yang berbeda dari yang lainnya. Nama Kaleb tidak pernah disebutkan di awal perjuangan Musa, sampai pada saat Musa memilih 12 pengintai baru nama Kaleb muncul bersama nama Yosua bin Nun dan kesepuluh pengintai lainnya.

Hal ini membuktikan bahwa perjalanan iman percaya Kaleb awalnya sunyi sepi karena ia hanya belajar bagaimana taat dan meneladani Musa sebagai pemimpinnya. Ketaatan dan kesetiaan sepenuh hati yang dimiliki Kaleb akhirnya membuat Tuhan tersentuh sehingga Ia mendapati Kaleb berhak menerima janji-Nya.

Nama Kaleb berarti gagah berani, tidak sabar, bergerak dengan kecepatan dan kekuatan yang besar, anjing. Dari arti namanya sendiri kita dapat lebih mengenal pribadi Kaleb yang tercermin dari karakternya yang gagah berani, bergerak dengan kuat dan seperti anjing yang setia pada tuannya.

Janji Tuhan tidak dapat digenapi jika kita tidak memiliki roh yang berbeda, dan roh yang berbeda itu dihasilkan dari karakter yang seperti Kaleb, sehingga ia menjadi bapa dari kota yang perlindungan umat Israel yang dikenang dalam sejarah Israel.

Baca juga:

Bangun Karakter Ilahi Dalam Keseharianmu dan Terima Janji Tuhan

Yesus Terasa Lama Menolongmu? Belajar dari Tokoh Ini Agar Mujizat Segera Terjadi

Tuhan Menyukai Proses Hidup Kita, Jalani dengan Sukacita dan Dapatkan Berkat-Nya

Tuhan Pasti Memunculkan Hak Kita Setelah Proses, Tapi Miliki Sikap Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

you're currently offline