Dear Parents, Ini Penyebab Anak Kecanduan Gawai

Dear Parents, Ini Penyebab Anak Kecanduan Gawai

Kesulitan menjadi orangtua zaman sekarang adalah mendidik anak yang kecanduan smartphone atau gawai, sehingga menyebabkan anak-anak sulit diatur dan mendapat nilai buruk di sekolah. Namun, kenyataannya anak hanya mencontoh orangtua saja, sebab anak adalah peniru yang andal.

Anak suka game online.jpg

Jadi, jika anak-anak kecanduan gawai, ini disebabkan karena orangtuanya pun kecanduan gawai. Jika ayah ibu di rumah sering memegang gawai daripada menyentuh anaknya maka jangan salahkan anak-anak yang kecanduan gawai.

Anak-anak akan mencari cara yang paling menyenangkan untuk membuang masa-masa tidak menyenangkan bersama keluarga di rumah dan game online merupakan sarana yang paling menyenangkan untuk mengekpresikan perasaan mereka. Oleh karena itu kita sering melihat anak-anak lupa waktu jika sudah main game di gawai.

Ini alasan anak-anak lebih menyukai game online ketimbang melakukan aktivitas yang bermanfaat bagi mereka:

  1. Orangtua yang tidak punya waktu dengan anaknya

Jika kedua orangtua sibuk dengan kegiatannya masing-masing dengan gawai maka anak akan menirunya dan kita tidak bisa menyalahkan anak akan kebiasaan ini. Oleh karena itu berikan waktu yang cukup untuk  anak meraskaan kasih sayang orangtua.

  1. Anak sering melihat kekerasan dalam keluarga

Para ayah yang biasa memukul istri atau anaknya akan membuat anak tidak suka figur orangtua sehingga mereka melarikan diri ke game online, dimana mereka dapat membalas kelakukan jahat yang diterima kepada musuh dalam game online tersebut. Perlakukan keluarga dengan harmonis dan ciptakan kedamaian di rumah.

  1. Anak merasa kosong

Ada tanki-tanki yang harus diisi oleh orangtua agar anak-anak tidak mengalami kekosongan, yaitu tanki emosi tanki mental dan tanki rohani. jika orangtua hanya fokus pada kebutuhan materi, seperti makan, minum atau fasilitas yang anak butuhkan maka mereka akan mengalami kekosongan.  Isi tanki emosi, mental dan rohani mereka dengan kasih sayang, perhatian dan Firman Tuhan.

Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang  dari pada jalan itu. (Amsal 22:6)

Baca juga:

Minta Hal Ini Pada Tuhan Untuk Mendidik Generasi Zaman Now

Jaga Buah Hati dengan Cara Ini Agar Tidak Mem-bully atau Di-bully

Tips Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Pentingnya Mengajari Anak Berdoa Sejak Dini

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

you're currently offline