Begini Cara Menumbuhkan Daya Juang Anak

Begini Cara Menumbuhkan Daya Juang Anak

Selain dampak negatif smart phone yang menjadi masalah dalam mendidik anak, masalah lain dalam mendidik anak dan kurang disadari oleh orang tua adalah kurangnya usaha menumbuhkan daya juang anak.

DAYA JUANG.jpg

Orang tua cenderung menolong atau membela anak lebih cepat ketimbang membiarkan anak mengalami proses yang sulit. Rasa tidak tega yang muncul dalam naluri orang tua, dapat membunuh daya juang anak. Misalnya, saat orang tua baru melihat anak sulit mengerjakan PR, tidak suka makanan yang dibuat orang tua maka orang tua langsung membantu mengerjakan PR atau mengganti menu lain.

Padahal, yang sebaiknya harus dilakukan oleh orang tua adalah membiarkan anak terlebih dahulu berusaha baru membantu sedikit demi sedikit ketika anak mulai menyerah, misalnya dalam mengerjakan PR atau tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

Psikolog Charlotte K Priatna mengungkapkan bahwa orang tua harus melatih kesabaran dan sikap tidak tega guna menumbuhkan daya juang anak, sebab daya juang anak yang dipupuk sejak kecil akan menjadi benih untuk menjadi karakter yang mampu berjuang di masa depannya.

Ketika orang tua langsung membantu anak-anaknya yang kesulitan, maka hal ini berpotensi membunuh daya juang anak sehingga dapat membuat anak enggan berjuang dan maunya mudah atau cepat tanpa harus berjuang.

Sikap tidak mau berjuang ini dapat menjadi masalah besar jika anak bertumbuh dewasa, oleh karena itu sebelum kita menyesal memiliki anak yang mudah menyerah atau tidak mau berjuang, mari tanamkan daya juang anak sejak kecil.

Bantulah anak melakukan tugas dan tanggung jawabnya ketika anak sudah benar-benar mengeluarkan usahanya. Dengan menumbuhkan daya juang anak maka kita sedang mendidik anak menjadi pribadi yang tanggung. Latih juga kesabaran kita sebagai orang tua untuk tidak lekas menawarkan pertolongan dan melatih rasa tega demi masa depan buah hati. Jadi, dalam hal ini, orang tua dan anak sama-sama berproses demi kebaikan bersama.

Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya,  maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu. (Amsal 22:6)

Baca juga:

Dear Parents, Jangan Buat Anak-anak Menjadi Korban Pelayanan, Ketahui Prioritas Hidup dengan Benar!

Minta Hal Ini Pada Tuhan Untuk Mendidik Generasi Zaman Now

Jaga Buah Hati dengan Cara Ini Agar Tidak Mem-bully atau Di-bully

5 Cara Tunjukkan Kasih Sayang Agar Anak Merasa Berharga

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

you're currently offline