Ini Cara Cegah Perilaku Rasialisme Ala Alkitab

Ini Cara Cegah Perilaku Rasialisme Ala Alkitab

Tinggal di negeri yang beraneka ragam suku, budaya, agama dan bahasa menjadikan Indonesia kaya dan indah. Namun, faktanya keindahan ini seringkali memicu  pertengkaran bahkan kerusuhan yang membuat Indonesia menampilkan citra negatif di mata dunia.

RAS.jpg

Kericuhan karena rasialisme terjadi karena suatu penekanan pada ras, agama atau golongan tertentu. Permasalahan rasialisme seringkali menjadi momok yang menakutkan, membuat orang-orang yang merasa minoritas menjadi terluka dan trauma. Padahal, sebagai anak-anak Tuhan sejatinya kita membawa damai bagi bangsa ini, agar tidak terus menerus terjadi pertengkaran atau kerusuhan karena rasialisme.

Mari menciptakan lingkungan yang lebih baik dan lebih bersahabat dengan mempraktekkan nilai-nilai yang Alkitab ajarkan agar dunia tahu bahwa kita memiliki perbedaan dengan orang dunia ini, dan mereka menemukan damai sejati dalam hidup kita.

#Jangan memandang muka

Saudara-saudaraku, sebagai orang yang beriman kepada Yesus Kristus, Tuhan kita yang mulia, janganlah iman itu kamu amalkan dengan memandang muka. (Yakobus 2:1)

Membeda-bedakan orang yang satu dengan yang lain merupakan kejahatan yang harus kita hindari, karena berpotensi menyakiti hati orang lain.

#Penuh kasih

Tetapi hendaklah kamu ramah seorang  terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu. (Efesus 4:32)

Semua orang jahat pun akan luluh jika dihadapkan dengan orang yang penuh kasih. Tidak percaya? Praktekkan saja ayat ini dengan hati yang tulus dan murni, pasti oarng akan berubah jika diperlakukan seperti ini.

#Menegur

Teguran orang yang bijak adalah seperti cincin emas dan hiasan kencana untuk telinga yang mendengar. (Amsal 25:12)

Jika ada orang yang masih berlaku rasial, tegurlah dengan bijaksana dan dengan kasih, karena lebih baik menegur di depan daripada menggunjingkan di belakangnya.

Baca juga:

Jadilah Bijak Berbusana Saat ke Rumah Tuhan dan Jadilah Teladan

Bangun Karakter Ilahi Dalam Keseharianmu dan Terima Janji Tuhan

Kunci Membangun Karakter dari Kisah Yusuf

Empat Gaya Hidup Kristen yang Berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

you're currently offline